Facebook, Instagram dan WhatsApp Kompak Down, Mark Zuckerberg Kehilangan Rp99,5 T


Selasa, 05 Oktober 2021 - 14:24:22 WIB
Facebook, Instagram dan WhatsApp Kompak Down, Mark Zuckerberg Kehilangan Rp99,5 T ilustrasi/foto:getty image-edt

RIAUIN.COM - Mark Zuckerberg alami kerugian besar usai WhatsApp, Facebook dan Instagram mengalami down. Hal ini pun membuat kekayaan Mark Zuckerberg turun sekitar USD7 miliar atau nyaris setara Rp99,5 triliun.

Saham Facebook yang diperdagangkan Senin, (4/10/2021) turun hampir 5%. Di mana hal tersebut terjadi setelah aplikasi dan platform berbagi foto Instagram down untuk ribuan pengguna.

Kekayaan Mark Zuckerberg turun menjadi USD120,9 miliar atau setara Rp1.719 Triliun. Penurunan ini membuat posisi Mark Zuckerbeg di Bloomberg Billionaires Index turun ke posisi 5 di bawah Bill Gates.

Menurut sebuah laporan DownDetector, gangguan pada platform media sosial milik Mark Zuckerberg itu telah terjadi di berbagai negara Eropa, Asia, Amerika Latin, dan Amerika Utara. Selain itu, mereka juga sedang mengumpulkan gelombang investigasi di sekitar jejaring sosial.

Meski demikian Facebook bersama dengan layanan Instagram dan WhatsApp mulai pulih sejak Selasa (5/10) pagi.

"Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah mendukung kami," kata Facebook dikutip Selasa (5/10) pagi.

Setelah pengumuman itu, beberapa pengguna Facebook mulai mendapatkan kembali sebagian akses ke tiga aplikasi tersebut. Diketahui, aplikasi Facebook mengalami gangguan selama beberapa jam pada Senin malam. Cloudflare, sebuah perusahaan keamanan situs web mengatakan itu terjadi akibat masalah perutean lalu lintas. Masalah itu membuat situs tidak dapat dijangkau oleh jutaan pengguna. -dn