Harga Pinang Kering di Riau Turun Tipis, Bokar Cenderung Stabil


Senin, 04 Oktober 2021 - 19:29:32 WIB
Harga Pinang Kering di Riau Turun Tipis, Bokar Cenderung Stabil Kolase pinang kering dan getah (karet)/foto:ist

RIAUIN.COM - Harga komoditas pinang kering di provinsi Riau, mengalami penurunan pekan ini. Saat ini, harga pinang kering berada pada kisaran Rp 16.870 per kilogram (kg).

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulfadli mengatakan, penurunan harga pinang kering tersebut terjadi di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Harga pinang kering mengalami penurunan  sehingga harga pekan ini sebesar Rp16.870 per kilogram mengalami penurunan dari minggu lalu sebesar Rp620 per kilo," katanya, Senin (4/10/2021).

Sementara itu, harga Bahan Olahan karet Rakyat (Bokar) sejauh ini masih bergerak fluktuatif. Beberapa daerah terpantau naik, namun di sejumlah daerah lainnya mengalami penurunan.

Khusus ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar harga Bokar mencapai Rp11.200 per kilogram.

“Harga ini terpantau tidak mengalami kenaikan dari harga minggu lalu atau harga minggu ini masih sama dengan harga minggu lalu,” jelasnya.

Selain itu, di Kabupaten Rokan Hulu harga Bokar tingkat petani/KUB sebesar Rp10.821 per kg mengalami kenaikan Rp151 per kg dari minggu lalu. 

Sedangkan di tingkat petani/KUB Kabupaten Rokan Hilir sebesar Rp11.500 per kg mengalami penurunan harga Rp300 per kg dari minggu lalu. 

“Sedang untuk tingkat APKARKUSI di Kabupaten Kuansing harga Bokar menjadi Rp12.349 per kilogram mengalami kenaikan harga dari minggu lalu sebesar Rp90 per kilo,” tuturnya.

Sedangkan di tingkat UPPB Kabupaten Indragiri Hulu sebesar Rp10.600/kg mengalami kenaikan harga dari harga minggu lalu sebesar Rp200/kg. 

Untuk harga Bokar ditingkat pabrik (Gapkindo) KKK 100 persen untuk minggu ini sebesar Rp22.200 masih sama dengan harga minggu lalu. -dn