DPRD Inhu Terima 5 Ranperda dari Wakil Bupati, Elda: Kalau Sudah Dipelajari, Langsung Kita Bahas


Senin, 04 Oktober 2021 - 18:16:01 WIB
DPRD Inhu Terima 5 Ranperda dari Wakil Bupati, Elda: Kalau Sudah Dipelajari, Langsung Kita Bahas Suharto memperlihatkan draf Ranperda yang sudah diterima DPRD Inhu./foto: argus.

RIAUIN.COM - Ketua DPRD Inhu Elda Suhanura menerima 5 draf Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dan naskah akademis dari Wakil Bupati Indragiri Hulu Junaidi Rachmat.

Penyerahan Ranperda tersebut berlangsung di ruang kerja Ketua DPRD Inhu, Senin (4/10/2021).

Saat penyerahan itu, Elda didampingi  Wakil Ketua Suwandi Ritonga, Ketua Badan Pembuat Peraturan Daerah (Bapemperda) Suharto, Ketua Fraksi Partai Golkar Budi Santoso.

Sedangkan Wabup Inhu didampingi Plt Kepala Bappeda Syahruddin dan Kabag Hukum Setdakab, Dewi. 

Saat dikonfirmasi, Elda Suhanura  membenarkan sudah menerima berkas 5 Ranperda dan naskah akademisi dari Pemkab Inhu yang diserahkan Wabup Junaidi Rachmat. 

"Benar, Ranperda-nya sudah kita terima, dan selanjutnya kita serahkan kepada Bapemperda DPRD untuk dipelajari dan dibahas. Kalau sudah selesai, langsung kita bahas," katanya. 

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD Inhu Suharto menjelaskan, setelah menerima berkas Ranperda dan naskah akademisi, pihaknya akan segera mempelajari dan membahas Ranperda tersebut. 

Setelah dibahas dan hasilnya disetujui pimpinan DPRD, kemudian dijadwalkan rapat paripurna pembukaan Ranperda dan selanjutnya dibentuk Panitia Khusus (Pansus) Ranperda. 

"Setelah dibentuk Pansus, hasilnya disampaikan dalam rapat paripurna untuk pengambilan keputusan," jelasnya.

Adapun 5 draf Ranperda dan naskah akademisi yang diterima dari Wakil Bupati Inhu yakni, Ranperda tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten  Inhu 2021-2026.

Ranperda tentang dokumen kajian lingkungan hidup strategis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Inhu 2021-2026, Ranperda tentang penyelenggaran ketenagakerjaan, Ranperda tentang pengelolaan barang milik daerah dan Ranperda tentang pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah.--gus.