Upacara Hari Kesaktian Pancasila  2021 di Rohul Dilakukan Secara Virtual, Wabup: Momentum Mengenang Jasa Pahlawan


Jumat, 01 Oktober 2021 - 15:15:06 WIB
Upacara Hari Kesaktian Pancasila  2021 di Rohul Dilakukan Secara Virtual, Wabup: Momentum Mengenang Jasa Pahlawan Foto bersama usai mengikuti Hari Kesaktian Pancasila di Rohul./foto:yusrizal.

RIAUIN.COM - Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dilakukan secara viritual di Aula Kantor Bupati, Jumat (1/10/2021).

Pada upacara itu, disiarkan langsung melalui virtual live, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) langsung bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dari Istana Negara Kepresidenan.

Wakil Bupati Rohul Indra Gunawan mengatakan, dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober 2021 mari jadikan sebagai momentum untuk mengenang jasa para pahlawan.

"Dimana mereka bertungkus lumus untuk memperjuangkan Negara Indonesia, sehingga sampai saat sekarang kita hanya menikmati hasil perjuangan mereka," kata Wabup.

Menurut Indra Gunawan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila, merupakan salah satu hari bersejarah, karena saat itu terjadi suatu peristiwa pada tahun 1965, berujung pada penculikan dan gugurnya 7 putra terbaik bangsa.

Wabup mengajak masyarakat Rohul untuk bersama-sama merenung sejenak tentang kejadian di masa lalu, hendaknya semua kejadian itu menjadi cambuk sebagai pemicu semangat dalam berkarya.

“Sebagai generasi penerus pengorbanan para pahlawan harus diisi, dengan pelayanan prima dan profesional untuk masyarakat,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpianto Hardjoto SIK bahwa peringatan hari Kasaktian Pancasila tahun ini, mengusung tema ‘Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila’, meski dilaksanakan secara sederhana, namun tetap berjalan dengan khikmat dan tetap menerapkan pada protokol kesehatan (prokes)

“Upacara tetap menerapkan prokes seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” ujarnya.

Selain Wabup dan Kapores, hadir pada acara tersebut Kajari Rohul Pri Wijeksono, Dandim 0313/KPR diwakili Pabung Rohul Kapten Inf Asril Samik, Kalapas Kelas II B Pasir Pengaraian diwakili Kasi Kamtib Erpis Candra SH MH, Kemenag Rohul diwakili Kasubag TU H Zulkifli Syarif, Asisten II Setdakab Rohul M Ruslan, Kadis Kominfo Yusmar, Kepala Badan Kesbangpol Irvandri, Kabag Umum Abdullah dan undangan lainnya.--yusri.