Kunker ke Riau, Besok Jokowi Dijadwalkan Tanam Mangrove dengan Masyarakat Bengkalis


Senin, 27 September 2021 - 17:30:58 WIB
Kunker ke Riau, Besok Jokowi Dijadwalkan Tanam Mangrove dengan Masyarakat Bengkalis Presiden Joko Widodo menanam pohon Mangrove di Desa Tritih Lor, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/9/2021)/Foto:Instagram @jokowi

RIAUIN.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), Selasa (28/9/2021) akan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka penanaman Mangrove bersama masyarakat di Bengkalis.

Sebelumnya penanaman mangrove ini dilaksanakan di Cilacap, Jawa Tengah. Selain itu penanaman Mangrove juga dilakukan serentak di sembilan provinsi lainnya yakni Sumatra Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Papua, dan Papua Barat.

Gubernur Riau, Syamsuar menjelaskan, bahwa kunker Presiden kali ini adalah untuk melakukan penanaman Mangrove bersama masyarakat yang berada di bibir pantai Bengkalis.

"Insya Allah, besok pak Presiden berkunjung ke Riau. Sesampainya di Pekanbaru akan langsung ke Bengkalis. Karena besok beliau akan menanam Mangrove Pulau Bengkalis," kata Syamsuar, Senin (27/9/2021). 

Dikutip dari akun Instagram pribadinya, Jokowi melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat, di Desa Tritih Lor, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (23/09/2021). 

"Pohon-pohon mangrove ini kita harapkan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir, juga memperbaiki habitat di daerah pantai. Dampaknya, pada akhirnya, juga pada peningkatan produksi ikan dan hasil laut lainnya, terutama kepiting," tulis Jokowi.

Menurutnya, pemerintah akan terus melakukan rehabilitasi Mangrove, baik oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove maupun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan target pada 34.000 hektare luasan di seluruh wilayah Indonesia pada tahun ini, dan 600.000 hektare sepanjang 2021-2024.

Untuk diketahui, sebelum Jokowi tiba di Bengkalis, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Minggu (26/9/2021) kemarin, juga sudah berada di Bengkalis dalam rangka memastikan kesiapan menyambut Presiden RI. -dn