Ternyata Konsumsi Tempe Mentah dengan Kurma Sangat Berkhasiat, Ini Penjelasan Ahli


Senin, 27 September 2021 - 12:11:20 WIB
Ternyata Konsumsi Tempe Mentah dengan Kurma Sangat Berkhasiat, Ini Penjelasan Ahli ilustrasi Tempe dan buah kurma/foto:net./edt

RIAUIN.COM -Banyak orang tidak menyangka bahwa tempe yang merupakan makanan tradisional asli Indonesia ini merupakan makanan yang sehat bagi tubuh manusia.  Tempe yang terbuat dari fermentasi terhadap biji kedelai, atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus.

Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Degradasi komponen-komponen kedelai pada fermentasi membuat tempe memiliki rasa dan aroma khas. 

Ternyata makan tempe paling baik dan enak itu apabila dikonsumsi dalam keadaan mentah. dr Zaidul Akbar yang merupakan seorang pendakwah Islam, konsultan, dan praktisi pengobatan sunah di Indonesia menjelaskan manfaat mengkonsumsi tempe secara mentah. 

Melalui akun tiktok pribadinya ia menyebutkan bahwa cara paling enak makan tempe adalah diblender dengan kurma atau dibuat  jus sama buah kurma.

"Caranya paling enak diapain, di jus sama kurma," ujarnya.

Kurma adalah jenis buah yang kaya nutrisi menguntungkan. Secara umum, kandungan utama dari buah ini adalah karbohidrat sederhana (terutama gula, seperti sukrosa dan fruktosa). Hampir 70% dari kurma terdiri dari karbohirat.

Tak hanya itu, Kurma juga kaya akan asupan kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Video dakwahnya yang diunggah pada Minggu, (26/9/2021) lalu itu mengundang decak kagum dan tawa para jemaah yang hadir. Lebih jalas dr Zaidul akbar menerangkan pada jemaahnya tentang kandungan tempe dan kandungan kurma yang baik untuk pencernaan.

"Jadi belum pernah nyobain ya tempe di blender sama kurma. Kan kurma prebiotik sedangkan tempe probiotik. Jadi probiotik ketemu prebiotik itu makanan terbaiknya perut kita," jelasnya.

Dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro asal Jambi ini mejelaskan bawa kandungan nutrisi tempe itu banyak hilang saat di goreng. Jadi sebaiknya tempe di konsumsi dalam keadaan mentah, apalagi dimakan bersamaan dengan buah kurma. -dn