Musda XII HIPMI Riau Ricuh, Ini Pemicunya


Sabtu, 25 September 2021 - 21:57:28 WIB
Musda XII HIPMI Riau Ricuh, Ini Pemicunya Anggota kepolisian berjaga-jaga di pintu masuk Musda HIPMI Riau/foto:ist

RIAUIN.COM - Musyawarah Daerah (Musda)  XII Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Riau untuk memilih ketua periode 2021-2024 ricuh. Acara yang diselenggarakan di Hotel Premiere Pekanbaru, pada Sabtu (25/9/2021) terpaksa ditunda selama dua jam lebih.

Kericuhan dipicu oleh kedatangan beberapa orang peserta dari Kabupaten Bengkalis. Peserta tersebut dilarang masuk oleh Steering Committee (SC) karena tidak miliki ID Card. 

Hal ini menjadi awal perdebatan dan akhirnya kisruh. Karena peserta yang tidak memiliki ID Card dianggap SC sebagai peserta ilegal, dan mereka tetap tidak diperkenankan masuk sebagai peserta.

Sebaliknya, para peserta yang tidak mengantongi ID Card tetap ngotot masuk ke arena Musda.

"Kami peserta dari Bengkalis dikatakan tak boleh ikut dalam Musda oleh SC," kata Wawan dari BPD HIPMI Kabupaten Bengkalis.

Kejadian ini membuat agenda Musda berlangsung alot dan sempat skor sementara. 

Setelah melalui proses negosiasi, akhirnya panitia memperbolehkan paserta dari Bengkalis yang tidak memiliki ID card tersebut masuk ke dalam ruangan untuk mengikuti Musda.

Sementara itu, Ketua BPD HIPMI Kabupaten Bengkalis, Azrul Noer Manurung saat dikonfirmasi menolak berkomentar terkait kisruh tersebut.

"Saya no coment kalau masalah itu. Semua sudah selesai dan boleh masuk menjadi peserta," ujarnya.

Diketahui, Musda XII BPD HIPMI dibuka secara resmi oleh Asisten III Setdaprov Riau Syahrial Abdi mengagendakan pemilihan Ketua Umum (Ketum) BPD HIPMI periode 2021-2024.

Ketua Caretaker BPD HIPMI Riau, Harmen Saputra mengatakan agenda dalam Musda nanti adalah pemilihan Ketua Umum HIPMI Riau periode 2021-2024, dimana ada dua calon yang diusung sebagai calon ketua HIPMI Riau yaitu, Rahmad Ilahi dan Erwin Edison. 

"Siapapun nanti yang terpilih kita berharap yang terbaik bagi HIPMI Riau ke depannya," jelasnya. -dn