Bupati Siak Minta Kecamatan dan Kampung Punya Bank Sampah


Jumat, 24 September 2021 - 23:57:28 WIB
Bupati Siak Minta Kecamatan dan Kampung Punya Bank Sampah

RIAUIN.COM Berdasarkan surat edaran Bupati Siak, Unit Induk Bank Sampah Kabupaten Siak akan membuat cabang bank sampah di setiap kecamatan atau kampung.

Seiring berjalannya waktu, bank sampah Siak mengalami kemajuan yang pesat. Selain dapat menjaga kebersihan lingkungan, juga dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.

Direktur Bank Sampah Kabupaten Siak, Fauzan Azima mengatakan, saat ini jumlah nasabah yang sudah rutin menyetorkan sampahnya ke bank sampah sekitar 700 orang.

"Pengambilan sampah kami lakukan dalam satu bulan dua kali, minggu pertama dan ke tiga. Setelah sampah terkumpul banyak, sesuai jadwal tim akan menjemput ke lokasi bank sampah yang ada di kecamatan," katanya, Jumat (24/9/2021)

Sedangkan cara pembayaran kepada nasabah menurut Fauzan dengan menggunakan sistem menabung. Artinya setelah sekian bulan uangnya baru bisa diambil.
Namun untuk nasabah yang memerlukan uang mendesak, bisa langsung dibayarkan oleh pihak bank sampah.

"Saat ini cabang bank sampah  di kecamatan yang sudah aktif baru di Kecamatan Sungai Apit, Tualang, Minas, Kandis, Mempura, dan Bungaraya," ujarnya.

Sesuai anjuran Bupati Siak, Alfedri, kata Fauzan, bank sampah diharapkan tersedia di setiap kecamatan atau desa.

Direktur Bank Sampah Kabupaten Siak, Fauzan Azima memperlihatkan sampah yang sudah dikelola untuk diperjualbelikan.

Tujuannya tentu saja, selain bisa membantu masyarakat dalam kebersihan lingkungan, juga dapat membantu penghasilan ibu-ibu rumah tangga dalam meningkatkan ekonomi.

"Selain bank sampai di kecamatan, seperti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang ada di Kampung Langkai, Jalan Lintas Siak-Bengkalis itu merupakan mitra kami unit bank sampah kabupaten," pungkasnya. -inf