Berusaha Kabur, Seorang Napi Rutan Kelas I Pekanbaru Ditangkap


Jumat, 24 September 2021 - 20:15:17 WIB
Berusaha Kabur, Seorang Napi Rutan Kelas I Pekanbaru Ditangkap Napi 'S' ketika di interogasi oleh petugas lapas/foto:mcr

RIAUIN.COM - Petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru berhasil menggagalkan percobaan pelarian satu orang warga binaan permasyarakatan (WBP) berinisial S, Jumat (24/9/21) sekira pukul 10.30 WIB.

Pria berinisial S tersebut, mencoba memanjat pagar pembatas di area depan dan memasuki area steril tanpa menggunakan alat apapun. Petugas pos atas 3 yang melihat percobaan pelarian itu, melaporkan melalui radio kepada Kepala Regu Pengamanan dan diteruskan kepada Kepala Kesatuan Pengaman Rutan (KPR).

Kepala KPR dan jajaran langsung melakukan pengamanan ke area steril dalam Rutan dan mengamankan blok lingkungan sekitar. Petugas pun mengamankan S yang sedang bersembunyi di dalam parit area steril.

Setelah diamankan tanpa perlawanan, S pun langsung dibawa ke Rutan untuk dilakukan pemeriksaan. Petugas juga melakukan pemeriksaan psikologis terhadap S oleh tim psikolog Rutan Pekanbaru.

"Yang bersangkutan  dalam kondisi sehat secara jasmani. Namun, secara psikologis ada gangguan stres yang distimulasi oleh memimpikan keluarga secara terus menerus selama satu minggu," kata Agnes petugas Psikolog Rutan Pekanbaru.

Tahanan S merupakan WBP terjerat kasus pencurian dengan vonis 1 Tahun 2 Bulan dengan sisa masa pidana 6 bulan. 

Atas percobaan pelarian tersebut, kemungkinan S mendapatkan hukuman internal berupa tutupan sunyi/pengasingan sel selama 6 hari. 

Selain itu, yang bersangkutan tidak akan mendapatkan hak-hak integrasi sosial berupa asimilasi, remisi ataupun cuti bersyarat. -dn