Kabar Baik! Jokowi Serahkan 3.000 Sertifikat TORA untuk 4 Kabupaten di Riau


Rabu, 22 September 2021 - 20:19:32 WIB
Kabar Baik! Jokowi Serahkan 3.000 Sertifikat TORA untuk 4 Kabupaten di Riau Ilustrasi sertipikat TORA/Foto:antara

RIAUIN.COM - Sebanyak 124.120 Sertipikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) di 26 provinsi dan 127 kabupaten/kota se-Indonesia diserahkan kepada masyarakat secara simbolik oleh Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/9/2021).

Presiden menyebutkan dari total sertifikat yang diserahkan, sebanyak 5.512 di antaranya merupakan hasil penyelesaian konflik agraria di 7 provinsi dan 8 kabupaten/kota yang menjadi prioritas di tahun 2021.

"Penyerahan sertifikat hari ini sangat istimewa karena sertifikat-sertifikat ini betul-betul tambahan tanah baru untuk rakyat. Ini adalah tanah yang fresh betul, yang berasal dari tanah negara hasil penyelesaian konflik, tanah terlantar, dan pelepasan kawasan hutan," ujarnya.

Presiden juga berpesan kepada penerima sertifikat untuk menjaga sertifikat tersebut dengan sebaiknya.

"Jaga baik-baik, jangan sampai hilang, jangan sampai rusak atau beralih fungsi atau dialihkan kepada orang lain. Harus betul-betul dijaga," pesannya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar, mengikuti penyerahan Sertipikat Redistribusi Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit.

Syamsuar sangat berterimakasih atas penyerahan sertifikat  TORA terhadap 3.000 orang dari empat kabupaten di Riau oleh Presiden Jokowi, hari ini.

"Hari ini diserahkan langsung oleh Presiden Sertipikat TORA dan ini sudah diberikan kepada 3.000 orang dengan luas 500.000 hektar lebih yang ada di 4 kabupaten yakni Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar dan Siak," jelas Syamsuar, di Gedung Daerah Balai Serindit.

Dalam kesempatan itu, mantan Bupati Siak ini juga mengucapkan selamat kepada masyarakat penerima sertifikat. Syamsuar berharap penyerahan sertifikat itu dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaiknya untuk kesejahteraan. -dn