Tahun Ini 4 Perpustakaan di Rohul Terima Bantuan Rp1 Miliar dari Pemerintah Pusat


Rabu, 22 September 2021 - 13:29:19 WIB
Tahun Ini 4 Perpustakaan di Rohul Terima Bantuan Rp1 Miliar dari Pemerintah Pusat Damri Poti.

RIAUIN.COM - Sebanyak 4 perpustakaan yang berada di 4 desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rahul) mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Perpustakaan Nasional sebesar Rp1 miliar tahun 2021 ini.

"4 desa itu yakni Masda Mamur  Rambah Samo, Lubuk Bendahara  Rokan IV Koto, Alahan Kecamatan Rokan IV Koto dan Desa Rambah Muda, Rambah Hilir," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Mahidin Said Rahul Damri Poti didampingi Plt Sekretarisnya Sumardi, Rabu (22/9/2021).

Bantuan senilai Rp1 miliar tersebut berupa buku sebanyak  700 Eksemplar. 350 judul sudah didistribusikan dan akan menyusul ratusan jenis buku  lainnya, rak buku, televisi, komputer 4 unit sekaligus server.

Damri mengatakan, bantuan yang diberikan itu merupakan usulan dari Dinas Perpustakaan tahun 2020 lalu.
"Dari 9 desa yang diusulkan baru 4 desa yang menerima bantu ini," ungkapnya.   

Damri juga menyampaikan, dari 146 desa yang ada di Rohul, baru 30 persen yang memiliki perpustakaan di daerahnya.

"Selama Covid-19 berdampak kurangnya kunjungan warga ke perpustakaan desa itu. Namun saat ini sudah menggunakan aplikasi e-Rohul dan warga bisa menikmatinya," jelas Damri.

Plt Sekretaris Dinas Perpustakaan Rohul Sumardi menambahkan, pada tahun 2020 lalu, Perpustakaan H Mahidin Said akan menerima bantuan DAK sebesar  Rp8,3 miliar untuk pembangunan gedung yang lokasinya direncanakan di depan Taman Hutan Kota Pasir Pengaraian.

"Namun, dari 4 daerah yang mengusulkan bantuan itu ke pemerintah pusat, yakni Siak, Meranti, Dumai dan Rohul, cuma daerah kita yang mendapatkan bantuan ini. Tentunya hal ini tidak luput dari dukungan Bupati dan Wakil Bupati Rohul," pungkasnya.--yusri.