Bupati Rohul Rencanakan Pemekaran Kecamatan Tambusai Utara dan Mahato Nusantara


Jumat, 17 September 2021 - 20:44:03 WIB
Bupati Rohul Rencanakan Pemekaran Kecamatan Tambusai Utara dan Mahato Nusantara Bupati Rohul Sukiman saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Mahato.

RIAUIN.COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul) Sukiman berencana akan memekarkan Kecamatan Tambusai Utara jadi dua, yakni Kecamatan Tambusai Utara dan Kecamatan Mahato Nusantara. Hal itu disampaikannya pada kunjungan kerja ke Desa Mahato, Kamis (16/9/2021).

“Kenapa saya punya niat menjadikan Kecamatan Mahato ini, sebab Kecamatan Tambusai Utara wilayahnya sangat luas,” ujarnya, saat acara penyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2021, sekaligus meninjau Masjid Raya Mahato dan meresmikan Gedung Tahfiz Desa Mahato.

Sukiman juga menginstruksikan Kadis DPMPD agar dapat segera menindaklanjuti proses pemekaran Kecamatan Tambusai Utara itu. 

"Kalau dimekarkan tentu berdampak bagus terhadap pelayanan kepada masyarakat, sesuai visi misi saya menjadikan Rohul Maju," jelasnya.

Sebelum menuju Kantor Desa Mahato, Sukiman meresmikan Gedung Tahfiz Desa Mahato dan juga meninjau pembangunan Masjid Raya Mahato dan dilanjutkan menyerahkan sertifikat lahan sebanyak 130 persil secara simbolis, sekaligus menyerahkan masker dan obat-obatan bagi warga Desa Mahato melalui Karang Taruna.

Sementara, Kakan BPN Rohul Rosidi mengatakan, sesuai program pemerintah memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin lahannya disertifikatkan.

“Agar dapat memasukkan dalam program PTSL supaya lahan atas milik masyarakat bisa memiliki jaminan hukum dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Rosidi.

Kades Mahato Firiadi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke Mahato dengan melaksanakan berbagai kegiatan. Sehingga Desa Mahato nantinya bisa jadi contoh bagi desa yang ada di Rahul.

Turut hadir Ketua TP PKK Rohul Hj Peni Herawati Sukiman, Kapolres Rahul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, anggota DPRD Rohul Muhlizar, Pejabat Eselon II Rohul, Camat Tambusai Utara, Danramil, Kapolsek dan Kepala Desa Mahato Firiadi serta tokoh masyarakat Desa Mahato.--yusri.