Usulkan Marhum Pekan Pahlawan Nasional, TP2GD Kota Pekanbaru Belajar ke Siak


Rabu, 15 September 2021 - 20:54:16 WIB
Usulkan Marhum Pekan Pahlawan Nasional, TP2GD Kota Pekanbaru Belajar ke Siak Wakil Bupati Siak, Husni Merza berfoto bersama rombongan TP2GD Kota Pekanbaru yang dipimpin Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Selasa (14/9/2021). | Foto : Istimewa.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza menerima kunjungan kerja Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru, Selasa (14/9/2021). Pertemuan yang digelar di ruang kerja Wakil Bupati Siak berlangsung hangat.

Tujuan kunjungan kerja Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Pekanbaru untuk belajar langsung kepada Pemkab Siak bagaimana Setda Kabupaten Siak dalam membantu TP2GD Kabupaten Siak dalam mengusulkan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara atau Sultan Siak ke-II sebagai Pahlawan Nasional.

Kunjungan dipimpin langsung Ketua TP2GD Kota Pekanbaru yang tak lain adalah Wakil Walikota Pekanbaru, H Ayat Cahyadi. Ikut dalam rombongan Kepala Bappeda Kota Pekanbaru, Kadis Sosial Kota Pekanbaru dan jajarannya.  

"Tujuan hadirnya kami TP2GD Kota Pekanbaru ke Siak, dalam rangka pembelajaran terkait bagaimana Setda Kabupaten Siak dalam membantu TP2GD Kabupaten Siak, dalam mengusulkan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara atau Sultan Siak ke-II sebagai Pahlawan Nasional," ucap Ayat Cahyadi. 

TP2GD Kota Pekanbaru, akan mengusulkan dan memperjuangkan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Marhum Pekan), sebagai pahlawan nasional. 

"Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah (Marhum Pekan) memiliki peran besar dalam pendirian Pekanbaru (saat ini Kota Pekanbaru, red). Pekanbaru ini dirintis oleh ayahandanya yaitu Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah," ujarnya.

Sementara itu tak lama berselang masih dalam suasana yang sama, Wabup meminta izin kepada Ayat Cahyadi untuk meninggalkan ruang pertemuan karena ada kegiatan yang tak dapat diwakilkan. Sedangkan acara dilanjutkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Arfan Usman dan mengucapkan selamat datang kepada Wakil Walikota Pekanbaru beserta rombongan di Kabupaten Siak. 

"Saya menyampaikan permohonan maaf dari Bapak Bupati Siak dan Wakil Bupati Siak yang tidak bisa hadir pada acara ini, karena ada acara lain yang tidak bisa ditinggalkan," ucap Arfan.  

Arfan juga mengatakan, Kabupaten Siak dan juga Kota Pekanbaru merupakan kakak adik yang dulunya dibangun oleh Kesultanan Kerajaan Siak. 

"Untuk pengusulan Sultan Mahmud Abdul Jalil Muzaffar Syah yang bergelar Tengku Buang Asmara sebagai pahlawan nasional tersebut, kami terus berkoordinasi dengan TP2GD Kabupaten Siak yang terdiri dari unsur akademis, praktisi, budayawan, tokoh masyarakat maupun dari unsur Organisasi Perangkat Daerah," kata Arfan.

Pihaknya sudah menyerahkan beberapa persyaratan untuk dipenuhi, dan diserahkan ke Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD). Diantaranya tentang riwayat hidup dan perjuangan calon pahlawan nasional, biografi calon pahlawan nasional yang diusulkan dan dokumen-dokumen pendukung calon pahlawan nasional.

Ikut mendampingi Arfan, Sekretaris Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Siak Wan Idris, Kepala Bappeda Siak, Ketua LAMR Kabupaten Siak, serta tamu undangan lainnya. -inf