Kapolsek Batang Gansal Masih Muda dan Cantik, Ini Sederet Prestasinya


Rabu, 15 September 2021 - 20:01:47 WIB
Kapolsek Batang Gansal Masih Muda dan Cantik, Ini Sederet Prestasinya Ipda Nadya Ayu Nurlia.

RIAUIN.COM - Ipda Nadya Ayu Nurlia, sosok wanita cantik jelita masih berusia 23 tahun saat diberi amanah sebagai Kapolsek Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. Umur memang tidak menjadi tolak ukur seseorang yang diberi tanggung jawab untuk menjadi pimpinan. 

Nadya lahir di Kota Bengkulu tahun 1998. Resmi menyandang status Kapolsek pada 16 Agustus 2021 lalu. Ini artinya, belum genap satu bulan Alumni Akpol 2020 itu menjadi Kapolsek Batang Gansal.

"Saya resmi menjabat Kapolsek pada 16 Agustus. Sebelumnya dinas di Mapolda Riau setelah lulus Akpol Juli 2020," kata Nadya mengungkapkan ceritanya, Selasa (14/9/2021).

Saat pertama bertugas, wanita yang akrab disapa Nadya itu mengumpulkan seluruh anggota. Total ada 23 orang anggotanya di Polsek Gansal.

Yang jadi tantangan, dari jumlah itu ada 6 anggota seumuran dengan orang tuanya. Nadya kemudian memanfaatkan momen langka itu untuk menambah pengalaman.

"Dari jumlah itu, ada sekitar 6 orang yang sebaya dengan ayah saya. Tentu menjadi pengalaman baru bagi saya karena harus memimpin anggota yang usianya di atas saya. Mungkin ini tak akan terulang lagi," imbuh Nadya.

Namun begitu, usia tak menjadi masalah. Mantan Danton Dalmas Dir Samapta itu mengaku justru dari para anggotanya itu mendapat banyak pengalaman dan ilmu.

"Sejak masih di Akpol, memang kita diberi tahu bahwa yang seperti ini pasti dialami. Artinya saya masuk berbekal teori dan di sini saya bisa dapatkan banyak ilmu serta pengalaman," katanya.

Wanita yang lahir dan dibesarkan di Kota Bangkulu itu mengaku, selama tugasnya tak pernah ada masalah. Sebab, ia selalu mengajak anggota untuk berdiskusi dan memecahkan masalah bersama.

Apalagi, di jajaran Polsek Batang Gansal ada salah satu Bhabinkamtibmas berprestasi, yakni Brigadir Syukri. Syukri beberapa kali dapat penghargaan dari Kapolri terkait kinerjanya sebagai Bhabinkamtibmas.

"Saya beruntung ada anggota yang sangat berprestasi, Brigadir Syukri. Jadi saya bisa belajar juga sama seperti dengan anggota lain, berdiskusi tentang tugas-tugas Polri di lapangan," katanya.

Menjadi Kapolsek disebut jadi tantangan tersendiri bagi wanita empat bersaudara itu. Apalagi di daerahnya ada Suku Anak Dalam Talang Mamak yang belum pernah dikunjunginya.

"Di sini ada suku anak dalam, saya ingin berkunjung untuk silaturahmi. Saya bilang sama anggota, kita ke sana. Tentu banyak program-program polri yang kami bawa," katanya.

Salah satu programnya adalah vaksinasi bagi masyarakat. Ia berharap program itu bisa sampai ke daerah-daerah terpencil di Batang Gansal.

Terakhir, saat disinggung soal pasangan hidup. Nadya hanya tersenyum malu-malu. Ia mengaku masih fokus pada pekerjaan.
"Belum menikah. Ya, 23 tahun jomblo," kata Nadya seraya tertawa.--mcr/nal.