Kapal Nelayan Terbalik di Pulau Damar, 6 Orang ABK Selamat dan 4 Lainnya Hilang


Rabu, 15 September 2021 - 10:11:17 WIB
Kapal Nelayan Terbalik di Pulau Damar, 6 Orang ABK Selamat dan 4 Lainnya Hilang Screenshoot kapal nelayan yang terbalik di Kepulauan Seribu/scr

RIAUIN.COM - Kapal Nelayan "Elang Laut" terbalik di wilayah Perairan Pulau Damar Kepulauan Seribu selasa (14/9/2021) sekira pukul 05.00 WIB. Kapal yang berpenumpang 10 orang ini sedang melakukan perjalanannya dari Pelabuhan Muara Angke (Jakarta) untuk mencari ikan.

Berdasarkan laporan dari Kapten KM Tanto Setia yang pada saat itu melintas di lokasi kejadian, ia melihat korban selamat diatas kapal yang terbalik terombang-ambing. Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta siang tadi dari VTS (Vessel Traffic Service) Pelabuhan Tanjung Priok yang mendapatkan informasi kejadian itu, langsung mengirim RIB 03 untuk melakukan proses evakuasi terhadap 6 (enam) korban yang selamat.

“Enam korban selamat berhasil kita evakuasi dan sudah kami bawa ke Pelabuhan Muara Angke sekitar pukul 14.15 WIB untuk diidentifikasi serta proses lebih lanjut," ujar Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam Ops SAR.

Lebih lanjut Hendra menyebut bahwa pihak nya akan terus melakukan pencarian terhadap 4 orang lagi yang masih hilang dengan melakukan penyisiran dengan radius kurang lebih 2 NM2 di sekitar lokasi terbaliknya kapal. 

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca di perairan guna menurunkan tim penyelam pada Rabu (15/9/2021) pagi.

Berikut adalah data korban KM Elang Laut yang selamat dan masih dalam pencarian oleh tim SAR gabungan:

Korban Selamat: Ale (34), Cecep (18), Mulyana (31), Gito (39), Danial Manuate (25) dan Muhammad Kadiman (24).

Korban Dalam Pencarian: Abdul Malik (20), Adam (19), Arif (27), dan Agus (19). -dn