Fenomena Ribuan Burung Pipit Mati Mendadak, Penyebabnya Masih Diteliti


Rabu, 15 September 2021 - 09:31:47 WIB
Fenomena Ribuan Burung Pipit Mati Mendadak, Penyebabnya Masih Diteliti Foto kolase ribuan burung pipit mati di Cirebon/scr

RIAUIN.COM - Ratusan burung pipit mati mendadak dan bangkainya memenuhi area parkir di kantor Balai Kota Cirebon. Beberapa ekor burung di antaranya terlihat masih hidup, namun tak bisa terbang karena sayapnya basah terkena air hujan.

Ribuan burung Pipit tersebut diduga mati setelah Kota Cirebon memasuki musim hujan. Namun belum diketahui secara pasti penyebab kematian massal burung pemakan padi tersebut.

Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon memeriksa sampel bangkai kawanan burung yang mati tersebut. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian burung-burung tersebut pada  Selasa, (14/9/2021).

"Kita sudah ambil beberapa sampel burung yang mati dan akan dilakukan tes PCR, karena laboratorium di sini belum buka maka akan kita kirimkan ke laboratorium yang ada di Bandung, Subang dan Losari," ujar Medis Veteriner DPPKP Kota Cirebon drh Triangka.

Menurutnya, ratusan burung yang mati tersebut adalah fenomena untuk pertama kali di Kota Cirebon. Dia menyebut, fenomena serupa sempat terjadi di Yogyakarta dan Bali

"Diduga disebabkan oleh perubahan iklim, bisa juga burung makan tanaman yang mengandung pestisida," ujar dia.

Untuk mengatisipasi kejadian berulang, kata dia, pihaknya akan menunggu hasil dari laboratorium, sehingga penanganannya bisa tepat.

"Kita harus menunggu hasil laboratorium dulu supaya kita bisa mengetahui secara pasti dalam penanganannya," tutupnya. -dn