Kapolres Rohul Imbau BPBD Lebih Berperan Aktif Tangani Kasus Corona


Ahad, 12 September 2021 - 17:44:28 WIB
Kapolres Rohul Imbau BPBD Lebih Berperan Aktif Tangani Kasus Corona AKBP Eko Wimpianto SIK.

RIAUIN.COM - Kapolres Rokan Hulu (Rahul) AKBP Eko Wimpianto SIK mengimbau kepada Kepala Dinas Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) lebih berperan aktif untuk menangani penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Rohul.

"Saat ini, kegiatan tracing di Rohul masih rendah dan banyak yang harus diselaraskan lagi melihat dinamika yang yang ada di masyarakat," kata Kapolres, Ahad (12/9/2021).

Untuk itu perlunya mengaktifkan kembali aplikasi BSR yang sangat membantu pelaksanaan di lapangan guna menginput data Covid-19.

"Saat ini kita juga harus meningkatkan treatmen, karena angka kematian di Rohul masih tinggi," ujarnya.

Sebagaimana yang dilaksanakan selama ini, lanjutnya, pihak Dinas Kesehatan hanya melaksanakan  isolasi mandiri dan jika kondisi pasien  parah baru dibawa ke rumah sakit.

"Hal ini yang membuat keterlambatan  dalam penanganan pasien Covid-19.
Padahal, pemerintah sudah menyiapkan tempat isolasi terpusat di tingkat kabupaten. Sangat disayangkan apabila tempat tersebut tidak diisi pasien yang terkonfirmasi Covid-19," jelasnya.

Kapolres mengungkapkan, saat ini obat-obatan juga belum tersalurkan secara maksimal kepada yang membutuhkan, sementara stok obat sudah mencukupi.

"Kita meminta pihak BPBD harus lebih  berperan untuk menangani permasalahan tersebut. Karena sejauh ini dinilai belum maksimal," ujarnya.

Dikatakan Kapolres, tugas BPBD bukan hanya mengurus bencana alam, tetapi juga mengurus bencana non alam, seperti pandemi Covid-19 ini.

"Jadi, jangan dianggap remeh. Masak acara rapat evaluasi di Posko Penanganan Covid-19 kemaren yang  datang hanya Kasi, bukan Kepala Dinas," pungkasnya.--yusri.