Berkunjung ke Tanah Kelahiran di Riau, Sandiaga Uno Hadiri Ritual Adat Tahunan 'Mengonang Kampung Lamo'


Ahad, 12 September 2021 - 14:28:08 WIB
Berkunjung ke Tanah Kelahiran di Riau, Sandiaga Uno Hadiri Ritual Adat Tahunan 'Mengonang Kampung Lamo' Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan piagam penghargaan pada Desa Koto Mesjid di Kampar/foto:mcr

RIAUIN.COM - Menparekraf Sandiaga Uno tiba berkunjung ke Riau dalam rangka mengunjungi Desa Wisata Koto Mesjid di Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar, Minggu (12/9/2021). 

Sandiaga tiba di desa wisata yang dijuluki Kampung Patin itu, setelah menempuh perjalanan darat selama 2 jam.

Sesampainya di lokasi, tepatnya di objek wisata alam Puncak Kompe. Warga desa setempat menyuguhi atraksi seni budaya, tari persembahan, pencak silat perisai, musik tradisional gobano, dan tarian losung. 

Lalu oleh warga, Sandiaga diajak manyaksikan ritual adat budaya tahunan memperingati desa yang terendam "Mengonang Kampung Lamo" (mengenang kampung lama) yang merupakan sejarah asal mula Desa Koto Masjid. 

“Hari ini kita melihat bahwa Desa Wisata Koto Mesjid sudah menjadi inspirasi, sudah menjadi satu semangat kita semua untuk kebangkitan ekonomi, khususnya ekonomi masyarakat lokal," ujarnya.

Lebih lanjut Sandiaga menjelaskan, Desa Wisata Koto Mesjid telah memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan suatu desa.

Untuk diketahui, desa peraih 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 ini, memiliki daya tarik wisata rumah produksi kriya dari bambu, lidi sawit, rotan dan pandan. Kemudian, objek wisata alam air terjun sungai gagak, lembah aman, dan talau pusako. -dn