Lolos 50 Besar Lomba ADWI 2021, Sandiaga Uno Kunjungi Desa Koto Masjid di Kampar


Ahad, 12 September 2021 - 11:11:05 WIB
Lolos 50 Besar Lomba ADWI 2021, Sandiaga Uno Kunjungi Desa Koto Masjid di Kampar Menparekraf Sandiaga Uno/foto:antara

RIAUIN.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung ke Provisni Riau, Minggu (12/9/2021). Kunjungan Sandiaga uno ini dalam rangka Penganugerahan Desa Wisata Indonesia tahun 2021 di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Kedatangan Sandiaga Uno di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru merupakan lawatan perdana semenjak ia menjabat sebagai Menparekraf.

Diketahui, Desa Wisata Koto Masjid berhasil lolos 50 besar dalam tahap kurasi lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kegiatan ini merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia bertema 'Indonesia Bangkit' yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebanyak 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia ikut mendaftar pada ajang ini. Melebihi dari target 700 desa wisata sebelumnya. 

"Alhamdulillah Desa Wisata Koto Masjid di Kabupaten Kampar lolos 50 besar Anugerah Pariwisata Indonesia tahun ini. Insya Allah kedatangan pak Menteri Sandiaga Uno, besok diharapkan bisa membawa kemajuan sektor pariwisata di Provinsi Riau," ujar Gubernur Riau, Syamsuar Sabtu,(11/9/2021). 

Disebutkan Syamsuar, Riau memiliki 1.859 desa/kelurahan. Dari jumlah ini, sebanyak 123 desa telah dicanangkan sebagai desa wisata dengan kategori alam, budaya, ekonomi kreatif, buatan, dan dengan produk wisata atraksi, edukasi, kuliner dan lainnya. 

"Kami memberikan apresiasi program ADWI 2021 Kemenparekraf. Semoga mampu mendorong semua pelaku parekraf sehingga bisa menjadikan desa wisata yang mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat, dan bangkit kembali dari dampak COVID-19," tutur Gubernur Riau. 

Desa Wisata Koto Masjid sempat viral di media sosial lantaran menjadi salah satu desa dari Riau yang berhasil menembus 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021. -dn