300 Kios Hangus Jadi Arang, Pasar Bawah Bukittinggi Kebakaran


Sabtu, 11 September 2021 - 13:24:31 WIB
300 Kios Hangus Jadi Arang, Pasar Bawah Bukittinggi Kebakaran Foto kolase saat kebakaran dan sesudah kebakaran di Pasar Bawah Bukittinggi/scr.

RIAUIN.COM - Komplek Pasar Bawah Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) mengalami kebakaran, Sabtu (11/9/2021) sekira pukul 02.15 dini hari. Akibat kebakaran itu, ratusan kios yang terbuat dari kayu ludes terbakar. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang dihuni oleh pedagang kebutuhan bahan pokok. 

Diketahui terdapat beberapa los yang hangus dalam insiden tersebut yakni los ikan asin dan los Kelapa yang bersebelahan dengan los ayam, dan los ikan. Total lapak pedagang yang hangus di kedua los tersebut lebih kurang 300 lapak.

"Peristiwa terjadi sekitar pukul 02.15 WIB. Penyebabnya masih diselidiki polisi. Perkiraan sekitar 300 lapak yang terbakar," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Bukittinggi, Martius Bayu Sabtu, (11/9/2021). 

Martius menambahkan, api sudah berhasil dipadamkan sekitar pukul 04:00 dini hari dengan menurunkan 15 unit mobil pemadam kebakaran.

"Ada sekitar 15 mobil damkar yang turun, Kami minta bantuan tetangga kami," kata Martius.

Hingga saat ini belum bisa dipastikan jumlah nilai kerugian, namun tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang menghanguskan 300 kios tersebut. 

Seperti diketahui Pasar Bawah Bukittinggi direncanakan akan direnovasi dengan anggaran Rp 400 miliar. Pada April 2021 lalu, Menteri Perdagangan M Lutfi bersama anggota DPR RI Andre Rosiade sempat berkunjung untuk melihat kondisi Pasar Bawah Buktittinggi tersebut. -dn