ATM BRI di Depan PT Musimas Rohul Dibobol Maling, Uang Rp755 Juta Dibawa Kabur


Sabtu, 04 September 2021 - 13:09:46 WIB
ATM BRI di Depan PT Musimas Rohul Dibobol Maling, Uang Rp755 Juta Dibawa Kabur Polisi melakukan olah TKP di ATM BRI yang dibobol maling./foto:yusri.

RIAUIN.COM - Sebuah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di depan PT Musimas Desa Rambah Hilir,  Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dibobol maling. Akibanya, uang yang berada di dalam ATM sebesar Rp755 juta berhasil dibawa kabur.

Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpianti Sardjito melalui Paur Humas Aipda Mardiono saat dihubungi wartawan membenarkan peristiwa tersebut. 

Kronologis kejadian, lanjut Mardiono, 
berawal Selasa (31/8/2021) sekitar pukul 22.00 WIB, seorang karyawan training PT SSI berinisial D sedang di rumah kontrakannya. Kemudian didatangi pelaku yang mengaku sebagai utusan dari pihak Bank BRI mengatakan kepadanya bahwa pimpinan Bank BRI ingin berjumpa dengannya.

Pada saat itu juga , D menjawab “oke nanti jumpanya di Bank Mandiri saja”

Setelah itu, D berangkat menuju ke ATM Bank Mandiri Jalan Diponegoro, Pasir Pengaraian, dengan maksud memperbaiki mesin ATM mandiri yang rusak.

Setelah selesai memperbaiki mesin ATM, saksi keluar dari dalam ruangan ATM dan ditunggu pelaku yang sudah berada di luar.

Lalu mengajaknya masuk ke dalam sebuah mobil dengan alasan pimpinan Bank BRI ingin menemuinya. Setiba di dalam mobil saksi langsung disekap oleh pelaku lainnya yang sudah menunggu, kemudian mengikat tangan saksi dengan tali.

Setelah itu, salah seorang pelaku berkata “Kamu tahu ATM Indo Makmur, kuncinya ada ? ” dan dijawab oleh saksi “ya ada”.

Sedangkan pelaku lainnya memeriksa tas saksi untuk mencari kunci mesin ATM tersebut.

Setelah itu, mobil mengarah ke ATM depan PT Indo Makmur. Setibanya di depan ATM, salah seorang pelaku turun dan masuk ke dalam ATM. Sedangkan saksi keluar dari mobil bersama pelaku yang lain menuju ke mesin ATM.

Setibanya di mesin ATM pelaku memaksa saksi untuk membuka berangkas ATM untuk mengambil uang tunai yang ada di dalam mesin ATM tersebut.

Setelah berhasil mengeluarkan uang dari brangkas ATM sejumlah Rp755.200.000 saksi dibawa kembali ke mobil dan bergerak meninggalkan mesin ATM.

Lalu setibanya di sekitar jembatan Sungai Batang Lubuh Kampung Baru, Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah saksi dikeluarkan dari dalam mobil oleh pelaku dalam keadaan tangan terikat serta mata dibalut dengan lakban.

Selanjutnya saksi mencari pertolongan dan kemudian melaporkan hal tersebut ke pimpinannya.

"Polres Rohul telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi korban Daniel, kemudian saksi dari PT SSI D, pemeriksaan saksi dari PT SSI, H, juga melakukan pemeriksaan saksi dari PT SSI, S. Selain itu, penyidik juga melakukan pengambilan titik Cell Dum di sekitar TKP serta pengambilan video CCTV di sekitar TKP dan melakukan cek dan olah TKP,” pungkas Mardiono--yusri.