BPN Inhu Terbitkan 11.725 Sertifikat Tanah, 1.500 Sudah Diserahkan ke Warga


Jumat, 03 September 2021 - 14:37:34 WIB
BPN Inhu Terbitkan 11.725 Sertifikat Tanah, 1.500 Sudah Diserahkan ke Warga Bupati Inhu Rezita Meylani menyaksikan Kepala BPN Inhu menyerahkan sertifikat tanah kepada warga./foto:argus.

RIAUIN.COM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Indragiri Hulu sudah menyelesaikam penerbitan sebanyak 11.725 bidang dan diberikan kepada masyarakat 1.000 bidang serta bulan September 2021 sebanyak 500 bidang tanah (sertifikat)

"Sisanya 10.225 sertifikat tanah akan segera dibagikan kepada masyarakat setelah ada instruksi Menteri ATR/BPN," kata Kepala BPN Inhu Taufik S Wibowo di Ruang Rapat Thamsir Rachman Kantor Bupati Inhu, Kamis (2/9/2021).

Dikatakannya, penyerahan sertifikat tanah ini, merupakan hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2021.

"Dengan penyerahan sertifikat tanah ini akan memberi kepastian hukum hak atas tanah, mencegah sengketa  dan menjadi jaminan hak tanggungan di perbankan," katanya.

BPN/ATR Kab Inhu, kata Taufik, akan membangun satu peta dan membangun data spesial untuk kegiatan pajak daerah, dan berharap tahun 2024 mendatang semua tanah di Inhu sudah bersertifikat.

Sementara itu, Bupati Indragiri Hulu Rezita Meylani Yopi, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada BPN/ATR Kab Inhu yang telah mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan PTSL ini bersama dengan instansi terkait.

“Pemkab Inhu akan selalu mendukung program maupun visi misi Kementerian ATR/BPN demi memudahkan masyarakat dalam pelayanan pertanahan sesuai dengan slogan BPN yakni melayani, profesional dan terpercaya, “katanya.

Bupati termuda ini meminta kepada seluruh jajaran Pemkab Inhu berserta instansi terkait agar berperan aktif dalam mensukseskan program PTSL ini, khususnya para Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk melakukan sosialisasi arti pentingnya masyarakat memiliki sertifikat tanah.--gus.