BIN Jelaskan Arti 'Menyusup' ke Taliban, Fadli Zon: Jangan Ngeleslah Bilang Saja Salah


Kamis, 02 September 2021 - 22:36:54 WIB
BIN Jelaskan Arti 'Menyusup' ke Taliban, Fadli Zon: Jangan Ngeleslah Bilang Saja Salah Fadli Zon/foto:Instagram/@fadlizon

RIAUINCOM - Politisi Partai Gerindra yang juga anggota DPR RI Fadli Zon merespon pernyataan Deputi VII Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto yang menyebut BIN terus berupaya memperkuat diplomasi di seluruh elemen. 

BIN pun menyusup masuk ke kelompok-kelompok perlawanan, termasuk Taliban, di Afghanistan.

Dalam cuitannya di akun Twitter miliknya, Fadli Zon mengingatkan bahwa BIN tidak boleh gegabah saat bicara di depan publik.

"Jangan ngeleslah, bilang saja salah. Menyusup itu infiltrasi, berkomunikasi itu "ngobrol". BIN tidak boleh gegabah bicara ke publik", cuitnya, Kamis, (2/9/2021).

Lebih lanjut Fadli Zon menanyakan perihal pernyataan Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto yang menjelaskan istilah 'menyusup' yang dimaksud dalam arti berkomunikasi.

"Jadi ngobrol dengan siapa di Taliban," tulis Fadli Zon.

Diketahui, belakangan Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto menjelaskan perihal istilah 'menyusup' yang dilakukan pihaknya untuk memperkuat diplomasi Indonesia. Wawan menjelaskan kata 'menyusup' yang dimaksud tidak dimaknai secara harfiah.

"Menyusup dalam arti berkomunikasi. Bukan menyusup dalam artian infiltrasi gitu. Jadi kan itu dalam acara diskusi gitu, jadi kan bahasa lisan beda dengan bahasa tulisan ya. Jadi maksudnya bukan menyusup dalam arti definitif ya," kata Wawan kepada wartawan, Kamis (2/9/2021). -dn