Disaksikan Gubri Syamsuar, 300 Warga Suku Laut Inhil Disuntik Vaksin Corona


Ahad, 29 Agustus 2021 - 21:31:07 WIB
Disaksikan Gubri Syamsuar, 300 Warga Suku Laut Inhil Disuntik Vaksin Corona Gubernur Riau Syamsuar meninjau vaksinasi suku laut di Desa Tanjung, Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir, Minggu (29/8/2021).

RIAUIN.COM - Kepedulian Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) mendapat apresiasi dan sambutan hangat dari masyarakat Suku Laut. 

Hal tersebut terlihat dari antusias warga yang mengikuti jalannya vaksinasi Covid-19 tahap pertama di  salah satu bangunan sekolah di Desa Tanjung, Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Indragiri Hilir, Ahad (29/8/2021). 

Syamsuar mengatakan, vaksinasi merupakan salah satu upaya meningkatkan antibodi dalam tubuh, sehingga ketika terpapar virus, gejala yang dialami tidak akan berat. 

"Ini adalah salah satu ikhtiar yaitu melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat, semoga tercapai herd immunity. Sehingga apabila masyarakat yang telah vaksin terpapar Covid-19, tentunya gejala yang diterima tidak berat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Riau juga menyerahkan oksigen konsentrator, obat dan vaksin kepada Bupati Inhil HM Wardan untuk penangan  penyebaran Covid-19 di daerahnya.

Bupati Wardan menjelaskan, Suku Laut adalah satu suku yang mendiami Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau yang tersebar di beberapa daerah, bahkan sampai ke Provinsi Kepulauan Riau. 

Masyarakat Suku Laut di Kabupaten Inhil yang tinggal di kawasan yang dekat dengan perbatasan luar negeri yaitu selat Malaka, maupun perbatasan dengan provinsi tetangga, Jambi. 

"Alhamdulillah, sebanyak 300 orang warga Suku Laut disuntik vaksin Corona hari ini dan disaksikan langsung oleh Gubernur Riau," ujar Wardan.

Sementara Presiden Bangsa Orang Laut Sedunia, PRj Haryono Maha Seri Bijawangsa mengucapkan terima kasih kepada Gubri Syamsuar yang sudah datang ke kampungnya untuk menyaksikan proses vaksinasi Corona ini.

"Kami merasa bangga dan berbahagia, karena mendapatkan perhatian langsung oleh Gubernur Riau," ungkapnya.

Kemudian, dengan hadirnya Gubernur Riau, masyarakat Suku Laut merasa yakin untuk melakukan vaksinasi. 

"Dengan hadirnya Gubernur Riau, kami merasa lebih diperhatikan dan yakin untuk melakukan vaksinasi," jelasnya.

Salah seorang masyarakat Suku Laut Romlah mengaku sangat senang dengan kehadiran Gubernur Riau yang melihat langsung vaksinasi di kampungnya.

“Kami sengaja ke sini vaksinasi sekalian melihat Bapak Gubernur langsung. Senang kami, terima kasih sudah peduli sama kami yang jauh ini Pak, semoga Bapak sehat selalu,” ucap Romlah usai menerima suntikan pertama.--mcr/nal.