Bahas Infrastruktur Jaringan, Internet dan Smart PJU, Anggota DPRD Padang Pariaman Kunjungi Pemkab Kampar


Kamis, 26 Agustus 2021 - 17:35:14 WIB
Bahas Infrastruktur Jaringan, Internet dan Smart PJU, Anggota DPRD Padang Pariaman Kunjungi Pemkab Kampar Kunjungan anggota DPRD Padang Pariaman ke Pemkab Kampar./foto:yusrizal.

RIAUIN.COM - Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Kampar Syamsul Bahri menerima kunjungan kerja (Kunker) anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Kunker tersebut membahas pelaksanaan infrastruktur jaringan dan akses internet serta pelaksanaan meterisasi dan smart PJU demi meningkatkan PAD.

Kunker tersebut dipusatkan di ruang rapat Kantor Bupati Kampar lantai III, serta dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Aprinaldi, Kamis (26/8/2021).

Syamsul Bahri menjelaskan, Kampar salah satu kabupaten di Provinsi Riau dengan julukan Serambi Mekkah. Kabupaten ini memiliki luas 11.289,28 km² atau 12,26% dari luas Provinsi Riau dengan jumlah penduduk 790.313 jiwa 
berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri tahun 2020.

Dikatakannya, sampai saat ini Kabupaten Kampar belum mengarah dalam smart PJU, tetapi telah banyak melahirkan beberapa aplikasi yang membantu masyarakat dalam memudahkan membayar pajak melalui sistem online.

“Saat ini masyarakat Kampar sudah bisa membayar paajak melalui Bank Riau Kepri terdekat, ATM Bank Riau Kepri. Bahkan, bagi warga yang tak mau antri, bisa juga menggunakan  aplikasi Tokopedia, Bukalapak, Travelola, LinkAja, dan yang terbaru sekarang juga sudah bisa dilakukan pembayaran via aplikasi GoPay,” papar Syamsul Bahri.

Selain itu, lanjutnya, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto telah meresmikan aplikasi desa digital berbasis web dan android yang diberi nama “Halaman Kampung".

"Banyak keuntungan dari aplikasi ini, selain mempermudah serta bisa mempercepat kerja dan akurasi dalam melayani, bulan depan ada satu desa dalam satu kecamatan yang membuat terobosan seperti ini," jelasnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Padang Pariaman Aprinaldi mengakui, telah mengimplementasikan Smart City dan pelaksanaan infrastruktur jaringan akses internet serta meterisasi dan smart PJU untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain Aprinaldi, ikut dalam kunjungan kerja itu Yusri, Dasmar, Edirizal, Rahman Rizal dan Zul Effendi.--yus.