Bupati Rohil: KORMI Bisa Tangkal Anak Candu Main HP


Rabu, 25 Agustus 2021 - 13:47:42 WIB
Bupati Rohil: KORMI Bisa Tangkal Anak Candu Main HP Proses pelantikan pengurus KORMI Kabupaten Rokan Hilir/foto:ist

RIAUIN.COM - Bupati Afrizal Sintong dan Wakil Bupati Sulaliman menghadiri pelantikan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang dilaksanakan pada Selasa (24/8/21) malam di Hotel Armarosa. Acara ini juga dihadiri oleh Sekda Rohol M Job Kurniawan.

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Ketua KORMI Provinsi Riau, Doni Aprialdi, yang turut disaksikan forkopimda, kepala OPD, ormas, OKP sampai kepada cabor yang ada di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rohil. Pengurus KORMI Rohil sendiri dinakhodai oleh Muhammad Malliki sebagai Ketua, Muhammad Mukim sebagai Sekretaris serta pengurus lainya.

Dalam Sambutannya, Bupati Rohil, Afrizal Sintong sangat mendukung dan berharap dengan berdirinya KORMI di Rokan Hilir. Menurutnya, KORMI bisa berperan untuk menangkal kecanduan anak-anak bermain HP, karena cabor yang ada di KORMI merupakan olahraga tradisional masyarakat yang murah meriah dan apabila terus digalakkan maka diyakini akan disukai masyarakat. 

“Seperti patok lele, gasing dan lain-lain, jika digalakkan, bisa melawan anak-anak yang suka main HP,” katanya.

Selanjutnya, Ketua KORMI Provinsi Riau, Doni Aprialdi, dalam sambutannya mengatakan, dari 72 cabor KORMI di Indonesia, di Riau sudah mencatatatkan keberadaanya sebanyak 36 cabor, namun yang aktif baru 16 cabor. 

“Dari 16 cabor yang aktif ini, akan diikutkan dalam pertandingan olahraga KORMI tingkat nasional di Palembang Sumatera Selatan, tahun 2022 mendatang,” sebut Doni.

Sementara itu, Ketua KORMI Rohil terpilih, Muhammad Maliki, menjelaskan bahwa saat ini di Rohil baru ada satu cabor yang aktif. Ia berharap kedepannya, akan dibentuk cabor-cabor sehingga nanti ditargetkan ada cabor yang bisa mewakili Riau ke Sumatera Selatan. 

“Kita targetkan ada utusan Riau dari Rohil untuk ke Sumsel nantinya,” harap Maliki.

Usai pelantikan, pengurus KORMI Rohil melaksanakan rapat kerja menyusun program jangka pendek, menengah dan panjang. Terkhusus untuk program jangka pendek, dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Rokan Hilir, KORMI akan menjadi pelopor perlombaan layang-layang, gasing, patok lele, senam dan domino, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Kejaksaan Negeri Rokan Hilir serta sponsorship lainnya.

Untuk program jangka memengah, persiapan menghadapi pertandingan olahraga KORMI tingkat nasional di Palembang. Sementara itu untuk program jangka panjang, KORMI membentuk cabor-cabor yang belum serta menjalin kemitraan dengan semua pihak. -jon