Kukerta Univrab Ditengah Pandemi Covid-19, Kelompok 22 Beri Penyuluhan Warga Tanjung Rhu


Selasa, 24 Agustus 2021 - 09:43:35 WIB
Kukerta Univrab Ditengah Pandemi Covid-19, Kelompok 22 Beri Penyuluhan Warga Tanjung Rhu Mahasiswa Kukerta Univrab yang tergabung dalam Kelompok 22 berfoto bersama usai memberi penyuluhan kepada warga Kecamatan Tanjung Rhu, Kota Pekanbaru, belum lama ini. | Foto : Istimewa.

Kota Pekanbaru merupakan ibukota Provinsi Riau. Berdasarkan data BPS Pekanbaru tahun 2020, Kota Pekanbaru memiliki luas 632,3 km2 dengan jumlah penduduk 983.000 jiwa. Sebanyak 69,81% dari jumlah tersebut merupakan penduduk usia produktif. (Badan Pusat Statistik Pekanbaru, 2020)

 
Kendati di tengah badai pandemi Covi-19, namun Mahasiswa Universitas Abdurrab (UNIVRAB) tetap menunjukkan eksistensinya melalui Kuliah Kerja Nyata New Normal Universitas Abdurrab Tahun 2021. Seperi yang dilakukan  kelompok 22, dibawah bimbingan DR.dr. Syamsul Bahri Riva'i SpOG.

Berbaur dengan warga Kecamatan Tanjung Rhu, Kecamatan Lima Puluh untuk menyampaikan pembelajaran mengenai dampak Covid-19 bukanlah hal mudah. 

Mengusung tema 'Upaya Penanggulangan Dampak Covid-19 terhadap Kesehatan Mental (Mental Health)  Masyarakat dengan Intervensi Psikologis', Kelompok 22 terus menyosialisasikan mengenai kesehatan mental di tengah pandemi kepada warga sekitar. 

Dampak pandemi Covid-19 terhadap kesehatan mental telah banyak diteliti, dan merupakan hal yang nyata. Selain ketakutan tertular virus dalam pandemi seperti Covid-19, terjadi juga kekhawatiran yang diakibatkan perubahan signifikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari semakin terbatasnya pergerakan masyarakat, kesulitan ekonomi, hingga pergeseran metode berbagai kegiatan yang dari awalnya dilakukan secara tatap muka namun kini harus dilakukan secara online. 

Dalam pelaksanaan Kukerta New Normal 2021 ini Tim KKN Kelompok 22 Universitas Abdurrab melakukan beberapa penyuluhan guna memberikan edukasi kepada masyarakat. Penyuluhan yang dilakukan yaitu edukasi mengenai kiat-kiat menjaga imunitas tubuh dan edukasi mengenai menjaga kesehatan mental (mental health) di masa pandemi Covid-19. 

Selain itu Tim KKN Kelompok 22 Universitas Abdurrab juga memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menanggulangi dampak perekonomian masyarakat di Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Lima Puluh, yaitu dengan cara memberikan penyuluhan mengenai budidaya ikan lele di dalam ember serta menanam kangkung dan juga penyuluhan mengenai  cara pembuatan tauge. 

Nah, selain memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu, Tim KKN Kukerta Universitas Abdurrab juga memberikan 3 ember lele dan sayuran kangkung yang di tanam di tutup ember lele serta memberikan 20 botol yang berisi tauge kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Rhu Pekanbaru.

Semua program yang dilakukan tersebut dibimbing oleh DR. dr. Syamsul Bahri Riva'i SpOG selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan KKN New Normal 2021 ini berlangsung selama 20 hari terhitung sejak 2 Agustus 2021 sampai 22 Agustus 2021. ***