Bupati Kampar dan Anggota DPR RI Pengecoran Perdana Bangun Lumbung Pangan Masyarakat


Kamis, 19 Agustus 2021 - 19:34:17 WIB
Bupati Kampar dan Anggota DPR RI Pengecoran Perdana Bangun Lumbung Pangan Masyarakat Bupati Kampar Catur Sugeng bersama anggota DPR RI dapil Riau melakukan pengecoran perdana pembangunan LPM./foto:yusrizal.

RIAUIN.COM - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dan anggota DPR RI dapil Riau II Syahrul Aidi Maazad melakukan pengecoran perdana pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di daerah rentan rawan pangan Gapoktan Jaya Abadi 
di Desa Indrapuri, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Kamis (19/8/2021).

Anggaran pembangunan LPM berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pertanian di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar tahun 2021.

Bupati Kampar mengatakan, pembangunan LPM ini suatu upaya yang baik dalam rangka kesejahteraan masyarakat. Dia berharap pembangunan LPM ini dikerjakan dengan baik sesuai aturan yang ada.

Pemkab Kampar terus berupaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup, kebutuhan keluarga dengan mengoptimalkan lahan-lahan pekarangan melalui program yang keren, namanya Ocu Mapan.

“Program Ocu Mapan ini mengajak warga yang memiliki lahan pekarangan dan lahan tidur yang bisa dimanfaatkan. Insya Allah, kita tidak akan merasa kekurangan kebutuhan-kebutuhan rumah tangga kita," kata Catur. 

"Kita bisa menanam sayuran, ubi-ubian, jagung bahkan padi yang tentunya semua benih akan dibantu dan diberikan oleh Pemkab Kampar melalui para Gapoktan," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang sudah berpartisipasi dalam  pembangunan Kabupaten Kampar.

“Namun terkadang, masyarakat jika sudah banyak duitnya, untuk menanam sayur ogah-ogahan. Nah, kita dari pemerintah daerah ini bagaimana membuat strategi-strategi sehingga kesadaran masyarakat untuk bertani semakin meningkat," ucap Catur.

Bupati Kampar juga mengingatkan kepada masyarakat, dimasa pandemi Covid-19 ini agar selalu mentaati  protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, menhindari kerumunan serta mencuci tangan. Kemudian, ikut mendukung program pemerintah dengan melaksanakan vaksinasi.

“Inilah salah satu cara kita untuk melawan virus Covid-19 ini dan menghentikan penyebarannya ditengah-tengah masyarakat," ucap Catur

Bupati Kampar juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPR RI Syahrul Aidi yang telah mensupport dan dukungan kepada Pemkab Kampar.

“Memang beliau ini berada di Komisi V, yang biasanya memperjuangkan infrastruktur Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar. Disamping infrastruktur kita majukan juga sektor lainnya berkat kepedulian wakil-wakil rakyat kita yang ada di DPR RI," kata Catur.

Selain itu, Bupati Kampar dan anggota DPR RI menyerahkan bibit sayuran kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Berkah Rezeki dan menyerahkan bantuan kepada anak yatim piatu.--yus.