Peringati HUT RI Ke-76, Wakil Ketua DPRD Inhil Ikut Apel Kehormatan dan Renungan Suci


Selasa, 17 Agustus 2021 - 11:00:28 WIB
Peringati HUT RI Ke-76, Wakil Ketua DPRD Inhil Ikut Apel Kehormatan dan Renungan Suci Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Andi Rusli dengan khidmat mengikuti apel kehormatan dan renungan suci peringatan HUT RI ke-76 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Yudha Bhakti Tembilahan Hulu, Selasa

RIAUIN.COM- Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Andi Rusli mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Yudha Bhakti Tembilahan Hulu, Selasa (17/8/2021) dini hari. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-76 yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. 

Selaku inspektur upacara apel kehormatan dan renungan suci tahun ini di Tembilahan adalah Kapolres Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Dian Setyawan, SH, SIK, M.Hum. Turut hadir mengikuti apel pejabat tinggi negara di Tembilahan, yakni Wakil Bupati Inhil, H. Syamsuddin Uti, Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Andi Rusli, Pasi Log Kodim 0314/Inhil, Kapten Inf. Riswanto, Kepala Kejaksaan Negeri Tembilahan, Rini Triningsih SH MHum, Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan, Hera Polosia Destiny SH MH, Ketua Pengadilan Agama Tembilahan Endang Rosmala Dewi S.Ag M.Ag, Sekda Inhil H. Drs. Afrizal, MP, Dansub Den Pom I/3-2 Tembilahan, Kapten CPM Andy Lala.   

Pantauan di lapangan, sejak pukul 22.00 wib lokasi TMP Yudha Bhakti Tembilahan Hulu sudah mulai ramai berdatangan warga yang hendak menyaksikan apel dan renungan suci. Selain petinggi negara yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir, peserta apel juga diikuti anggota Paskibra yang akan menaik dan menurunkan Bendara Merah Putih pada upacara Detik Detik Proklamasi keesokan harinya, juga hadir para pelajar dan ormas yang ada di Tembilahan. 

Apel kehormatan dan renungan suci HUT Kemerdekaan RI ke-76 baru dimulai pukul 00.00 wib. Dalam keheningan malam, suasana khidmat semakin terasa sepanjang pelaksanaan apel.  

Dalam momen tersebut, semua elemen bangsa diajak untuk menjaga dan merawat kemerdekaan yang telah diraih dengan membangun kebersamaan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Apel kehormatan ditandai dengan mengheningkan cipta, penghormatan kepada para pahlawan dan penyalaan obor yang dipimpin oleh Kapolres Inhil yang disaksikan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Inhil.

Kepada media Wakil Ketua DPRD Inhil, Andi Rusli mengatakan, apel kehormatan dan renungan suci HUT RI ke-76 ini meruapakan bagian dari mengenang jasa jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Ini sudah menjadi agenda nasional kita, setiap tahun di malam 17 Agustus apel kehormatan dan renungan suci diselenggarakan serentah secara nasional. Tujuannya untuk mengenang jasa jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sehingga khusus generasi muda dapat merasakan bagaimana susah payah para pahlawan kita merebut kemerdekaan ini, sehingga jiwa nasionalisme melekat dalam diri mereka sebagai warga negara Indonesia yang hidup dizaman kemerdekaan sekarang ini," ujar Andi.  -adv