Antisipasi Karhutla, Bupati Inhu Periksa Sarana dan Prasarana


Rabu, 18 Agustus 2021 - 17:43:47 WIB
Antisipasi Karhutla, Bupati Inhu Periksa Sarana dan Prasarana Bupati Inhu Rezita Meylani saat memeriksa sarana dan prasarana guna mengantisipasi Karhutla./foto:argus.

RIAUIN.COM - Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi memeriksa sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran  hutan dan lahan (Karhutla), usai gelar apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2021. Pemeriksaan tersebut dalam rangka mengantisipasi Karhutla serta bencana lainnya.

"Ini sebagai bentuk kesiapsiagaan pencegahan lebih dini serta terpadu dalam menghadapi musim kemarau dan terjadinya Karhutla. Apaagi, musim kemarau diperkirakan berlangsung hingga akhir September 2021," kata 
Bupati di Lapangan Upacara Kantor Bupati Indragiri Hulu, Rabu (18/8/2021) 

Dia juga mengapresiasi seluruh personil yang terlibat langsung dalam pemadaman Karhutla di Kabupaten Inhu.

"Beberapa waktu lalu dimana tercatat nol titik api untuk Kabupaten Indragiri Hulu," ungkapnya sambil memberikan apresiasinya.

Dijelaskan Bupati, Pemkab Inhu telah mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Indragiri Hulu, Nomor : Kpts. 157/III/2021 tentang penetapan status siaga darurat penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Inhu tahun 2021. 

"Dimana masa status siaga darurat penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan tersebut, berlangsung terhitung sejak 1 Maret sampai dengan 31 Oktober 2021," jelasnya.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah, antara lain seperti pembersihan kanal bloking, embung-embung dan kolam penampungan air dan patroli terpadu tetap terus dilakukan dan ditingkatkan. 

“Seluruh peralatan pendukung dan personil Satgas bersama disiapkan untuk menjaga Kabupaten Inhu dari Karhutla,” ujar putri politisi PPP Almahum Syaftiddin Nothman ini.

Bupati Rezita juga berharap, adanya koordinasi dan komunikasi yang lebih intensif dari berbagai pihak terkait pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Apel  siaga karhutla diikuti oleh personil Satgas Kodim 0302/ Inhu, Polres Inhu, KPBD Inhu, Maggala Agni dan Satpol PP Inhu.--gus.