Program Kewirausahaan Pengabdian Masyarakat UNRI Kembangkan Website ONSPOT


Jumat, 13 Agustus 2021 - 11:32:10 WIB
Program Kewirausahaan Pengabdian Masyarakat UNRI Kembangkan Website ONSPOT Peserta Pelatihan dan Pengembangan website ONSPOT Universitas Riau/foto:ist

RIAUIN.COM - Program Kewirausahaan Pengabdian Masyarakat UNRI berkerjasama dengan Lembaga Pabrik Cerdas melaksanakan kegiatan pelatihan pengembangan website ONSPOT, Kamis (5/8/2021). Acara ini merupakan salah satu program dari dosen yang bertujuan untuk melahirkan jiwa enterpreneurship kepada mahasiswa. 

Pelatihan ini ditujukan agar mahasiswa dapat mengelola dan memasarkan suatu produk dengan baik melalui media online. Meskipun kegiatan dilaksanakan dimasa pandemi Covid-19, acara berlangsung secara kondusif dan berjalan lancar. 

Dosen pendamping lapangan Program Pengabdian Masyarakat dalam Bidang Kewirausahaan, Angga Pramana, SP, MSc menyebutkan bahwa acara ini dilaksanakan bertujuan memberikan pengajaran, khususnya mahasiswa Kukerta UNRI untuk dapat mengelola digital marketing produk ONSPOT. 

Brand ini dirintis oleh seorang mahasiswa yang bernama Rizky Azhari, STP dan produk yang dijual berupa Soyghurt Ice Stick dengan 3 tiga varian rasa yaitu Yoghurt Stick, Kefir Stick, dan Milk Stick. 

“Soyghurt merupakan minuman fungsional yang sangat baik diminum untuk meningkatkan imun tubuh, apalagi ditengah masa pandemi”, ujar Pak Angga.

Selanjutnya, Nita selaku direktur Lembaga Pabrik Cerdas yang melihat langsung komunitas enterpreuneurship sekaligus membina UMKM yang ada di Provinsi Riau, menawarkan diadakan pelatihan digital marketing yang diperuntukkan bagi semua umur secara gratis. 

"Lembaga Pabrik Cerdas siap bekerja sama dengan program kewirausahaan produk ONSPOT," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Yelmira Zalfiatri, ST, M Eng, yang merupakan dosen tim pengabdian masyarakat menyebutkan bawhwa mengenalkan produk ONSPOT merupakan cikal bakal dari binaan Dr. Ir. Evy Rossi, MSc, yang telah banyak membina mahasiswa di bidang pangan fungsional, salah satunya produk soyghurt. 

"Produk soyghurt diikutkan dan didanai dalam ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa, sehingga dibuatlah brand produk yang bernama ONSPOT. Oleh sebab itu, diharapkan pelatihan website ONSPOT dapat memasarkan produk di era digital," ujarnya.

Yelmira juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas tawaran pelatihan yang diadakan, dimana pelatihan tersebut sangat diperlukan sebagai pendamping ijazah, sehingga dapat menjadi nilai tambah untuk lulusan ketika terjun ke dunia pekerja. 

"Produk hasil pengolahan pertanian yang inovatif dan kreatif, telah dihasilkan oleh mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian, sehingga diperlukan pengembangan komersil guna mempermudah pemasaran," tambahnya.

Lewat website ONSPOT ini kita bisa mempromosikan dagangan dengan mudah dan tentunya bisa diakses dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone saja dan diharapkan dapat membantu pemasaran dari Usaha produk-produk ONSPOT. -vie