Kasus Tangki Meledak PT SDO Dumai, Kadisnakertrans Riau: Proses Penyelidikan Sudah Selesai


Kamis, 05 Agustus 2021 - 19:03:19 WIB
Kasus Tangki Meledak PT SDO Dumai, Kadisnakertrans Riau: Proses Penyelidikan Sudah Selesai Tangki PT SDO Dumai yang meledak beberapa waktu lalu.

RIAUIN.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau saat ini telah merampungkan hasil penyelidikan penyebab terbakarnya tangki fattymeter (oleo dasar) PT Sari Dumai Oleo (SDO) Dumai. Nota pemeriksaan juga telah diserahkan ke perusahaan.

Hal ini dikatakan Kepala Disnakertrans Riau Jonli, saat dikonfirmasi terkait progres penyelidikan kasus ledakan di pabrik PT SDO Dumai itu. Dia mengatakan, proses pemeriksaan kasus ini telah selesai.

"Proses penyelidikan sudah selesai dan beberapa hari lalu nota pemeriksaannya sudah kita serahkan ke PT SDO," kata Jonli didampingi Kabid Pengawasan Disnakertrans Riau H Imron, Kamis (4/8/21) di Pekanbaru.

Jonli memaparkan, ada dua hal pokok dalam nota pemeriksaan yang diberikan ke PT SDO. Pertama, terkait kelemahan dalam menerapkan program Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) di perusahaan

"Kita menyoroti soal penerapan K-3. Kita minta ke depan perusahaan lebih memperhatikan penerapan K-3 bagi karyawannya," terang Jonli.

Yang kedua, lanjut Jonli, terkait keikutsertaan karyawan dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Terutama terkait Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Kita minta soal BPJS ini perusahaan harus menerapkannya. Sehingga tidak ada lagi karyawan yang tidak masuk menjadi anggota BPJS," tegasnya.

Untuk diketahui, peristiwa meledaknya tangki pabrik PT SDO itu terjadi pada Rabu (16/6/21) lalu. Akibatnya, lima karyawan menjadi korban ledakan tangki tersebut.--mcr/nal.