Tahun Ini, Pemkab Asahan Sembelih 118 Ekor Hewan Kurban


Senin, 19 Juli 2021 - 18:05:30 WIB
Tahun Ini, Pemkab Asahan Sembelih 118 Ekor Hewan Kurban Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi

RIAUIN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan akan menyembelih 118 ekor hewan kurban yang terdiri dari 95 ekor sapi dan 23 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, Selasa (20/7/2021).

Sebanyak 118 ekor hewan kurban ini merupakan sumbangan dari Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan dan OPD.

Hal ini disampaikan Bupati Asahan melalui Kadis Kominfo Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, Senin (19/7/2021)

Dia juga mengatakan dalam momentum pelaksanaan kurban tahun ini, setiap OPD akan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dan mengikuti intruksi Bupati Asahan. Dimana dalam intruksi tersebut, setiap OPD melaksanakan kurban di dinas masing-masing, dan mengantarkan daging kurban tersebut ke tempat yang telah ditentukan, untuk dibagikan kepada masyarakat yang menerima.

Selain itu Kadiskominfo menyampaikan agar kepada seluruh BKM Masjid/Mushola se-Kabupaten Asahan dalam melaksanakan malam takbiran, shalat led Adha dan penyembelihan hewan kurban 1442 H/2021 M dapat memedomani SE Menteri Agama RI Nomor 15 dan 16 Perihal Protokol Kesehatan dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M. Diantaranya menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan menghindari kerumunan, dilarang melaksanakan takbiran keliling. Takbiran dapat dilaksanakan di masjid/mushalla dengan jumlah jamaah terbatas. Shalat Idul Adha 1442 H dapat dilaksanakan di masjid/mushalla dan lapangan terbuka dengan mematuhi protokol kesehatan, jamaah aholat Idul Adha diharapkan dalam keadaan sehat dan BKM terus melaksanakan pemantauan jamaah yang datang dari luar guna menghindari penyebaran Covid-19.

"Jika ada jamaah yang terganggu kesehatannya BKM segera menghubungi Satgas Covid 19 kecamatan/desa/kelurahan setempat, penyembelihan hewan kurban agar tidak menimbulkan kerumuman. Dan panitia qurban agar menyalurkan daging hewan qurban kepada yang menerimanya dan membatasi/mengurangi mobilitas, tidak mudik, tidak berpergian ke tempat keramaian," ujar Kadiskominfo.

Rahmat Hidayat juga menjelaskan bahwa hewan kurban tahun ini sudah melalui pemeriksaan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Asahan. - KARMILA