Perpanjangan PPKM Level 4 di Pekanbaru, Warga Keluhkan Penyekatan


Selasa, 03 Agustus 2021 - 13:32:40 WIB
Perpanjangan PPKM Level 4 di Pekanbaru, Warga Keluhkan Penyekatan Penyekatan PPKM level 4 di Pekanbaru/foto:dok.Riauin

RIAUIN.COM - Pelaksanaan  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang dibarengi dengan penyekatan serta pengalihan arus disejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, dikeluhkan warga. Hal ini disebabkan warga harus terjebak kemacetan dan mencari arus alternatif, sehingga menghabiskan waktu lebih lama saat berkendara.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus angkat bicara dan menjelaskan penerapan PPKM  level 4 di daerah sebagai bentuk keprihatinan akan penyebaran kasus Covid-19 di Pekanbaru, apalagi Kota Pekanbaru masih berada di antara zona merah dan orange, dimana tingkat resiko penularan Covid-19 masih tinggi dan sedang.

"Intinya, ini adalah keprihatinan pemerintah pusat kepada daerah yang penyebaran Covid-19 masih tinggi. Maka dilakukan PPKM," ujarnya, Selasa (3/8/2021), dilansir GoRiau.

Firdaus menjelaskan, kasus Covid-19 di Provinsi Riau, sekitar setengahnya merupakan kasus yang berada di Kota Pekanbaru. Kota Pekanbaru merupakan penyumbang angka kasus Covid-19 terbesar dibanding kabupaten atau kota lainnya di Riau.

"Kasus Covid-19 ini, 50 persennya merupakan kasus di Kota Pekanbaru. Maka dari itu diberlakukan PPKM level 4, dan salah satu strateginya adalah penyekatan jalan," jelasnya.

Diketahui bahwa Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa PPKM Level 4 kembali dilanjutkan hingga 9 Agustus 2021 mendatang. Perpanjangan PPKM ini diberlakukan di sejumlah daerah kabupaten/kota tertentu. -dn