Angka Kematian Akibat Covid-19 di Riau Tinggi, Dalam Satu Jam Dua Pasien Meninggal Dunia


Sabtu, 31 Juli 2021 - 22:22:24 WIB
Angka Kematian Akibat Covid-19 di Riau Tinggi, Dalam Satu Jam Dua Pasien Meninggal Dunia Jubir Satgas Covid-19 Riau, dr Inda Yovi/foto:humas/mcr

RIAUIN.COM - Kasus kematian akibat Covid-19 di Riau beberapa hari ini mengalami peningkatan disebakan bertambah banyaknya jumlah kasus baru. Pada hari ini, Sabtu (31/7/2021), terdapat 43 pasien yang dinyatakan meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau, dr Indra Yovi mengatakan, pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Riau rata-rata orang tua yang umurnya diatas 50 tahun keatas. 

"Kasus kematian kita banyak, ini karena  pasien yang datang ke rumah sakit kasusnya banyak berat. Jadi datang ke rumah sakit itu kondisinya sudah berat," kata Indra Yovi, Sabtu (31/7/2021). 

Yovi menyebutkan, bahwa kasus kematian akibat Covid-19 di Riau dalam satu jam terdapat satu atau dua pasien yang meninggal.

"Kalau sekarang kasus kematian diatas 40 orang, maka dalam satu jam hampir satu atau dua orang meninggal. Sebulan lalu saya bilang setiap tiga jam ada satu pasien meninggal. Sekarang menurun, setiap satu jam ada satu sampai dua pasien meninggal," sambungnya. 

Menurut Yovi, tingginya angka kematian juga disebabkan tingginya jumlah kasus. Sedangkan tingginya kasus disebabkan karena menurunnya disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kalau semakin banyak jumlah positif pasti banyak pasien meninggal. Itu rumusan pasti. Kalau mau menurunkan angka kematian ya harus diturunkan angka hariannya dengan cara meningkatkan protokol kesehatan. Bukan testingnya yang dikurang, itu tak boleh," tutupnya. -dn/mcr