Pertama di Riau, Kuansing Pelopor Pengaplikasian Internet Desa untuk Kembangkan Potensi Ekonomi


Sabtu, 31 Juli 2021 - 11:37:29 WIB
Pertama di Riau, Kuansing Pelopor Pengaplikasian Internet Desa untuk Kembangkan Potensi Ekonomi Penandatanganan MoU antara Bundes Bina Karya desa Muara Bahan kecamatan Singingi Hilir dengan perusahaan Arta Comindo.

RIAUIN.COM - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) merupakan kabupaten pertama yang mengaplikasikan pembangunan program "Internet Satelit Desa "  yang bekerja-sama dengan perusahaan Arta Comindo. 

Wakil Bupati Kuansing Suardiman Amby di ruang rapat kantor Bupati Kuansing di Taluk Kuantan, Jum'at (30/7/2021) menyampaikan bahwa saat ini masyarakat Kuansing sangat memerlukan adanya jaringan internet di setiap desa, karena banyak kegiatan masyarakat menggunakan internet, seperti pembelajaran di sekolah-sekolah, pelaporan desa dan kantor lainnya dan pelayanan untuk masyarakat. Sementara keadaan Kuansing juga masih banyak yang blankspot. 

"Maka dengan adanya pembangunan Internet Satelit Desa ini kami yakin persolaan jaringan internet akan dapat dipenuhi" ujarnya.
 
Lebih lanjut Suadirman menyebutkan program ini dilaksanakan oleh pihak Badan Usaha milik desa (Bumdes) dan dapat memberikan keuntungan lebih, selain kebutuhan masyarakat desa terpenuhi, Bumdes sendiri juga akan mempunyai unit usaha yang bisa meningkatkan pendapatan desa. 

Bumdes Amanah Sejahtera dari desa Sungai Buluh kecamatan Singingi Hilir adalah Bumdes pertama di Riau yang melaksanakan  jaringan internet melalui program Internet Satelit Desa sudah aktif, dan masyarakat sudah mulai bisa berlangganan.
 
"Saya meminta agar setiap camat di kabupaten Kuansing untuk memfasilitasi desa dan Bumdes untuk kelancaran program ini "tegasnya.

Sementara itu, direktur PT Arta Comindo Asep Ruskandar menyatakan, kerjasama program Internet satelit Desa ini adalah langkah awal pihaknya di setiap Bumdes. Ia Menjelaskan bahwa kedepan, pihaknya akan bekerjasama dalam bidang pengembangan potensi desa, karena memiliki potensi pasar dan sumber daya lain yang bisa membantu dalam mengembangkan potensi dan ekonomi desa. 

"Dengan program Internet satelit Desa ini kita akan menghubungkan seluruh Bumdes di Riau dan bekerja sama dalam mengembangkan potensi desa yang ada di desa masing-masing" ujarnya. 

Asep juga menyatakan, kalau selama ini masyarakat Riau hanya melihat orang luar dan potensi daerah atau negara lain melalui Internet, sekarang sudah saatnya orang luar yang melihat potensi yang ada di Riau. Diakhir pertemuan, dilaksanakan penandatanganan MoU antara Bundes Bina Karya desa Muara Bahan kecamatan Singingi Hilir dengan perusahaan Arta Comindo. -tra