Antisipasi Karhutla Jelang Puncak Kemarau, Riau Usulkan Perpanjangan Kontrak Pesawat Modifikasi Cuaca


Jumat, 30 Juli 2021 - 13:02:53 WIB
Antisipasi Karhutla Jelang Puncak Kemarau, Riau Usulkan Perpanjangan Kontrak Pesawat Modifikasi Cuaca Pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca di Lanud Roesmin Nurjadin/foto:ist

RIAUIN.COM - Cuaca telah memasuki puncak musim kemarau. Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai menyebar di hampir seluruh wilayah Riau.  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru pada Kamis (29/7/2021), mencatat sebanyak 148 titik panas (hotspot) terpantau di Bumi Lancang Kuning. 

Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengusulkan perpanjangan operasional pesawat Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) karena kontrak pesawat tersebut sudah berakhir pada, Selasa (7/27/2021). 

Pesawat TMC tersebut digunakan sebagai penyemai garam di langit Riau untuk memodifikasi cuaca mengingat saat ini hingga Agustus mendatang merupakan puncak kemarau di Riau.

"Pesawat TMC masih standby di Pekanbaru. Hanya saja kita sedang mengajukan perpanjangan, karena habis kontraknya dari BPPT," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, Kamis (29/7/2021). 

Edy Afrizal mengatakan, surat permohonan perpanjangan pesawat dan personel tenaga ahli TMC di Provinsi Riau sudah dikirim ke BPPT kemarin. 

"Suratnya sudah kita kirim kemarin (Rabu), dan informasinya besok (Jumat) BPPT rapat membahas teknis soal perpanjangan TMC di Riau," terangnya. 

Lebih lanjut Edy Afrizal berharap, permohonan tersebut dapat dikabulkan BPPT, sehingga pihaknya bisa melakukan pencegahan Karhutla dengan hujan buatan. 

"Kalau kapannya itu tergantung BPPT. Tapi kita berharap secepatnya, sehingga kita bisa operasikan TMC untuk pencegahan Karhutla. Karena saat ini musim kemarau di Riau," tukasnya. -dn