Keok dari Ganda Putra Malaysia, Kevin Sanjaya Banting Raket


Kamis, 29 Juli 2021 - 09:37:03 WIB
Keok dari Ganda Putra Malaysia, Kevin Sanjaya Banting Raket Kevin Sanjaya dan Markus Gideon/AP Photo

RIAUIN.COM - Pasangan ganda putra nomor satu dunia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya (The Minions) ditumbangkan oleh wakil Malaysia,  Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak perempat final Olimpiade Tokyo 2020, Kamis, (29/7/2021) pukul 08.35 WIB.

Pertandingan yang digelar pada Musashino Forest Sport Plaza itu, Minions keok dengan skor  21-14 dan 21-17.

Pada set pertama pasangan ganda putra Malaysia ini mampu mengatasi perlawanan Minions dengan skor yang cukup mengejutkan, 21-14. 

Tampil terus mendominasi, membuat Aaron Chia/Soh Wooi Yik mampu melanjutkan kemenangan untuk meraih tiket ke semifinal Olimpiade Tokyo 2020.

Aaron Chia/Soh Wooi Yik akan menghadapi pemenang antara Li Junhui/Liu Yuchen (6) China dan Kim Astrup/Andres Skaarup Rasmussen (12) Denmark.

Jalannya pertandingan

Mengawali set pertama, Minions yang melakukan serve langsung menekan pertahanan duo Malaysia ini. Alhasil, Kevin membuka angka bagi Indonesia, 1-0.

Tiga kesalahan beruntun dibuat oleh Minions yang membuat pasangan Malaysia unggul 4-1.

Tampil menyerang, Aaron Chia/Soh Wooi Yik mampu membalikkan keadaan dan mendominasi permainan dengan skor 8-2.

Dengan kontrol bola yang baik, perlahan tapi pasti Minions mulai memperkecil ketertinggalan dengan meraih tiga angka beruntun, 8-5.

Kevin/Markus terus membombardir pertahanan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, sehingga ganda Malaysia ini terpaksa bertahan.

Hingga Interval set pertama, pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik unggul 11-7 atas Minions.

Setelah interval, Minions terus menyerang dan mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 10-13.

Pertarungan yang sengit antara kedua tim menyajikan kejar-mengejar angka. Pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik mampu memperlebar jarak yang cukup jauh menjadi 10-17 atas Minions.

Minions yang terlambat panas, berupaya terus memperkecil ketertinggalan. Namun kesalahan demi kesalahan yang dilakukan oleh Minions menutup set pertama dengan kekalahan 21-14 atas Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Pada awal set kedua, pertarungan sengit kembali terjadi dan pasangan ganda Malaysia mampu unggul 3-1 atas Minions.

Perlahan tapi pasti, Minions mulai mengejar dan mendekatkan jarak angka menjadi 3-4. Jual beli serangan dan kecepatan pukulan menjadi tontonan yang menarik pada pertandingan ini.

Ganda putra dari negeri Jiran ini mampu mengontrol permainan dan mengungguli Minions dengan skor 8-4. Minions yang sedikit terburu-buru dalam bermain, banyak melakukan kesalahan sehingga memberikan keunggulan bagi Aaron Chia/Soh Wooi Yik, 11-7.

Setelah jeda interval set kedua, Minions yang mulai tertekan kembali tertinggal lima angka dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Tidak seperti biasanya, penampilan Kevin/Markus seolah-olah tidak berdaya menghadapi ganda putra Malaysia ini dan tertinggal 12-14.

Alih-alih mengejar ketertinggalan, Kevin Sanjaya terlihat sangat frustasi dengan keputusan wasit. Ia langsung membanting raket saat pengadil menyatakan fault atas servis yang dilakukan Markus Gideon.

Kesalahan demi kesalahan kembali dilakukan oleh Minions sehingga pasangan ganda putra kebanggan Indonesia ini menyerah pada set kedua ini dengan skor 21-17. -dn