Soal Jalan Tol Riau, Gubri Syamsuar: Semoga Usulan Kita Diterima Pusat


Rabu, 28 Juli 2021 - 17:36:08 WIB
Soal Jalan Tol Riau, Gubri Syamsuar: Semoga Usulan Kita Diterima Pusat Syamsuar.

RIAUIN.COM - Gubernur Riau Syamsuar mengklaim telah menyampaikan semua usulan dari kepala daerah 3 provinsi (Riau, Jambi dan Sumbar) terkait rencana pembangunan jalan tol. 

Masukan-masukan yang sebelumnya telah dirangkum sudah disampaikan ke Kementerian PUPR dalam rapat percepatan pembangunan infrastruktur dan pengembangan wilayah di Provinsi Riau.

“Kalau seandainya nanti tol dari Pekanbaru ke Bangkinang dan Bangkinang ke Pangkalan terganggu, kita ke Sumbar bisa melalui Dharmasraya, hal ini juga telah diketahui oleh Menteri PUPR,” terangnya, Rabu (28/7/2021)

Dalam pertemuan secara virtual itu, Syamsuar juga menyampaikan semua usulan dari setiap kepala daerah sudah diketahui oleh pemerintah pusat, terutama terkait perubahan feeder tol Rengat-Kuansing-Dharmasraya- Sijunjung.

Selain itu, rapat ini juga membahas rencana penambahan ruas tol antara Pekanbaru-Kandis-Dumai dan Simpang Sigambal Rantau Prapat menuju Sumut.

“Kami berharap Menteri PUPR dapat menyetujui usulan dari rekan-rekan ini, sekaligus untuk membuka jalan. Pak menteri juga tanya, apakah ada kendala? saya jawab, tak ada kendala," tuturnya.

Namun, menurut Syamsuar, yang menjadi masalah yakni soal perubahan kawasan dari Kementerian LHK. Dimana sebelumnya bukan kawasan hutan, kemudian berubah fungsi menjadi kawasan hutan. “Sekarang tengah dilakukan inventarisasi," ujarnya.--mcr/nal.