Olimpiade Tokyo 2020: Greysia-Apriyani Bungkam Ganda Putri Malaysia Dua Set Langsung


Sabtu, 24 Juli 2021 - 08:08:36 WIB
Olimpiade Tokyo 2020: Greysia-Apriyani Bungkam Ganda Putri Malaysia Dua Set Langsung Ganda putri Indonesia Greysia Polii / Apriyani (foto: dok. BWF-limited acces)

RIAUIN.COM - Pasangan ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu berhasil mengalahkan ganda putri asal Malaysia Chow Mei Kuan dan Lee Men Yean dua set langsung pada partai pembuka Grup A cabang bulutangkis  Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (24/7/2021) pagi, WIB.

Pada set pertama Greysia Polii dan Apriyani Rahayu unggul 21-14 dalam tempo 15 menit. Sementara pada set kedua, ganda putri andalan merah putih ini unggul 21-17.

Atas kemenangan straight set ini, Greysia dan Apriyani berhasil unggul rekor kemangan atas pasangan Malaysia menjadi 3-2.

Dari rekor pertemuan, kedua pasangan ini telah bertemu sebanyak 5 kali, dimana 3 kemenangan diraih pasangan Indonesia dan dua kemenangan diraih tim ganda putri Malaysia 

Jalannya pertandingan

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berkostum merah-merah memulai servis pertama. Angka pertama diraih oleh ganda asal Malaysia ini dengan mengarahkan bola ke sisi kiri Apriyani. 

Ganda putri Malaysia terus menekan permaianan ganda putri Indonesia dengan permainan cepat dan menyerang. Pada lima menit pertama mereka dan mampu unggul 7-3.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu perlahan-lahan mampu menyeimbangkan permainan dan memperkecil ketertinggalan menjadi 6-7. Sebuah kesalahan antisipasi dari Apriyani Rahayu menambah poin bagi pasangan Malaysia sehingga kedudukan menjadi 8-6.

Pertandingan yang berjalan cukup ketat, kejar mengejar angka terus terjadi. Hingga Interval pertama, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu akhirnya mampu unggul dengan skor tipis 11-10.

Susul menyusul angka terus terjadi, pasangan Malaysia mampu mengejar ketertinggalan menjadi 12-12. Bangkit dan mencoba menyerang, ganda putri merah putih ini akhirnya mampu unggul 15-12 atas Malaysia.

Hingga set pertama berakhir, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu menutup perlawanan ganda putri Malaysia dengan kemenangan 21-14.

Pada awal set kedua, ganda putri Indonesia berusaha mempertahankan ritme permainan dan berhasil unggul 3-2. Sebuah penempatan yang melebar dari Apriyani menanyakan kedudukan bagi pasangan Malaysia 3-3.

Sama halnya Apriyani, Greysia Polii juga melakukan kesalahan sehingga skor bertambah bagi Malaysia 4-3. Terus menyerang, kedua tim akhirnya berbagi angka 5-5.

Terus bermain menyerang, dua angka berturut-turut diraih Greysia-Apriyani untuk meraih keunggulan 7-5.

Ketatnya pertandingan, membuat kedua pasangan saling berbuat kesalahan hingga skor menjadi 10-11 bagi keunggulan ganda putri Malaysia di Interval pertama set kedua ini.

Malaysia yang berusaha untuk memenangkan set kedua ini berusaha terus menggempur pertahanan Indonesia, alhasil skor 12-10 berhasil diraih.

Tidak mau terus diserang, Greysia-Apriyani bangkit dan mampu leading 13-12. Berbeda dengan babak pertama, pasangan ganda putri Malaysia justru lebih banyak melakukan kesalahan sendiri dan menguntungkan bagi Indonesia, 16-13 Greysia-Apriyani memimpin.

Tampil cukup impresif di set kedua ini, Greysia-Apriyani mampu menuntaskan perlawanan Chow Mei Kuan dan Lee Men Yean dengan kemenangan 21-17. -dn