Bupati Kampar Launching Bantuan Beras PPKM di Kelurahan Pasir Sialang


Jumat, 23 Juli 2021 - 22:39:57 WIB
Bupati Kampar Launching Bantuan Beras PPKM di Kelurahan Pasir Sialang Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto menyerahkan bantuan beras PPKM kepada keluarga KPM di Kelurahan Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Jumat (23/7/2021). | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM- Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto, melaunching bantuan Beras Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kelurahan Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang. Penyaluran bantuan besar PPKM tersebut sesuai dengan Surat Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor S-14/MS/C/3.3/BS.01/7/2021 diteruskan oleh Gubernur Riau untuk dibagikan keseluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau yang akan diserahkan kepada 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyerahan bantuan beras PPKM dilaksanakan di Halaman Kantor Kelurahan Pasir Sialang, Kecamatan Bangkinang, Jumat (23/7/2021). Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Cabang Bulog Pembantu Kampar, Riki Maskudri, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kampar, Muhammad, Camat Bangkinang, Mindah dan Lurah Pasir Sialang, Elvina Yusrianti.

"Ini sebagai bentuk respon dari penerapan PPKM. Pemerintah terus memperhatikan nasib rakyatnya, memikirkan pangan masyarakatnya di tengah pandemi Covid-19," kata Catur Sugeng.

Catur juga mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat guna meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya melalui vaksinasi. Karena vaksin tersebut sudah melalui prosedur pemeriksaan kesehatan dan juga halal, maka dari salah satu syarat syarat KPM yang berhak menerima bantuan adalah sudah divaksinai.

"Sampai saat ini kita masih dalam situasi pandemi, tetap gunakan masker dan patuhi protokol kesehatan, agar kita dihindarkan dari wabah ini," ujar Catur.

Sementara itu, Kadis Sosial Kampar, Muhammad mengatakan, penyaluran beras disasarkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdiri dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST). 

"Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban KPM selama masa PPKM berlangsung, untuk bantuan yang diperoleh berupa 10 kg beras per KPM," ujar Muhammad. 

Dipaparkannya, untuk Kelurahan Pasir Sialang terdapat 832 KPM, alokasi ketersediaan pangan melalui Perum Bulog, kemudian disalurkan oleh PT. Pos Indonesia kepada KPM, untuk Kelurahan Pasir Sialang bantuan beras PPKM akan diterima oleh 25 KK dan Bantuan Sosial Tunai (BST), masing-masing Rp300.000 ribu per KK secara keseluruhan Kecamatan Bangkinang menerima 1.415 KK. -yus