Terbang Rutin, Pesawat Tempur F-16 Temukan Sejumlah Titik Api Karhutla di Riau


Jumat, 23 Juli 2021 - 07:55:50 WIB
Terbang Rutin, Pesawat Tempur F-16 Temukan Sejumlah Titik Api Karhutla di Riau Pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16/Rydder Lanud Roesmin Pekanbaru, terbang diatas lahan yang terbakar di Koto Tuo, Kampar, Riau, Rabu (21/7/2021). [Antara/Skadron Udara 16/Rydder Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru/Lettu Pnb Tommy Yulianto]

RIAUIN.COM - Pesawat tempur F-16 dari Skadron Udara 16 yang melakukan terbang latihan rutin di angkasa Riau, berhasil memantau beberapa titik api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Koto Tua, Kabupaten Kampar.

Marsekal Pertama TNI Andi Kustoro, yang merupakan Komandan Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Nurjadin menyebutkan, pemantauan itu bekerja sama dengan Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika stasiun Pekanbaru guna menentukan koordinat titik api yang terpantau citra satelit.

"Kemudian kami menyampaikan karhutla itu ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau untuk segera ditanggulangi. Area yang dipantau meliputi seluruh wilayah udara Provinsi Riau, yang juga menjadi area latihan terbang bagi pesawat tempur TNI AU," kata Kustoro di Pekanbaru, melansir Antara, Kamis (22/7/2021).

Posisi kebakaran hutan dan lahan yang terpantau oleh pesawat F-16 Fighting Falcon itu berada di 90 km arah barat dari Pekanbaru, tepatnya di Koto Tuo, Kampar.

Dari hasil pantauan tersebut, langsung dilaporkan ke Satgas Karhutla untuk ditindaklanjuti.

"Ini adalah bukti nyata bahwa peran Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Nurjadin dalam penanggulangan kebakaran hutan sangat penting, tidak hanya sebagai koordinator pengerahan satgas udara helikopter BNPB tetapi juga dengan mengerahkan kekuatan unsur-unsur tempurnya yang terbang di Langit Lancang Kuning," tutupnya. -dn