Pembangunan Jembatan Tambak-Sotol Dimulai, Bupati Zukri Ucapkan Terima Kasih Kepada HM Harris


Kamis, 22 Juli 2021 - 15:58:20 WIB
Pembangunan Jembatan Tambak-Sotol Dimulai, Bupati Zukri Ucapkan Terima Kasih Kepada HM Harris Bupati Pelalawan, H Zukri Mirza memberi sambutan pada acara pemancangan perdana pembangunan Jembatan Tbak-Sotol, Kelurahan Langgam, Kamis (22/7/2021). | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM- Bupati Pelalawan H. Zukri Misran mengucapkan terima kasih kepada mantan Bupati Pelalawan, HM Harris yang telah merancang pembangunan Jembatan Tambak-Sotol. Keberadaan jembatan itu ditandai dengan peletakan tiang pancang pertama jembatan yang akan menjadi jalan alternatif menuju Kota Pekanbaru di Desa Tambak, Kecamatan Langgam, Kamis (24/7/2021).

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Baharudin, SH, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, H.Syafrizal, SE, Ketua Komisi III di Wakili Monang Pasaribu, Kepala Bappeda, Ir. Syarul Syarif, M.Si, Asisten Administrasi dan Pembangunan, Drs. Armonadi, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan, MD Rizal, Kapolsek Langgam, Camat Langgam Asari, S.Sos.,M.Si, Lurah Langgam, Maitizan, S.Pd, Datuk Bilang Bungsu H.Wahid, tokoh adat, tokoh agama beserta masyarakat Desa Tambak yang  berkesempatan hadir.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pelalawan, MD Rizal menjelaskan Jembatan Tambak-Sotol yang akan dibangun sepanjang 110 meter dengan lebar 7 meter  dengan nilai kontrak sebesar Rp23,4 miliiar. Adapun pengerjaannya dimulai dari tanggal 18 Juni-23 Desember 2021. 

Jalan yang menjadi jalan alternatif menuju Pekanbaru itu diharapkan dapat menggeliatkan ekonomi sektor UMKM dengan cepat. Sehingga petani mampu meningkatkan perekonomiannya.  

"Dengan adanya jalan alternatif ini masyarakat Tambak, Sotol dan Segati akan sangat terdampak, baik dengan adanya pembangunan jembatan ini, terutama untuk akses jalan menuju kekebun. Maka kepada seluruh masyarakat untuk kita ketahui  bahwa ini terlaksana berkat dari dua pemimpin kita,  yakni H.M. Harris dan H. Zukri Misran yang menjadi sejarah Kabupaten Pelalawan. H. M. Harris yang merencanakan pembangunan jembatan dan H. Zukri Misran sebagai Bupati Pelalawan periode sekarang yang  melaksanakan pembangunannya," katanya.

Dalam sambutannya H.M.Haris selaku perancang pertama dalam pembangunan Jembatan Tambak- Sotol memaparkan sejarah singkat proses perencanaan jembatan Tambak-Sotol hingga akhirnya dibangun.  

"Seperti kita lihat bersama kondisi pembangunan di Kabupaten Pelalawan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan kondisi QSkeuangan daerah. Oleh sebab itu saya juga berharap agar pembangunan jembatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Dan kepada  siapa pun yang akan menjadi pemimpin, kita harus melaksanakan program yang berdasarkan kepentingan pembangunan daerah dan bagi masyarakat luas," ujarnya.

Pada kesempatan itu Bupati kembali mengingatkan  masyarakat agar tetap senantiasa mematuhi protokol kesehatan, termasuk juga dalam kegiatan pagi ini dengan jumlah tamu yang hadir dibatasi. Mematuhi Prokes ini menjadi imbauan kepada masyarakat Pelalawan, khususnya Desa Tambak dan Sotol.  

Bupati Zukri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada mantan bupati Pelalawan dua periode itu. Karena jasanya merencanakan pembangunan jembatan ini dapat dilanjutkan seperti sekarang.

"Beliau sengaja diundang di sini karena ini memang direncanakan oleh pak H.M.Haris pada masa jabatannya. Dan kami sebagai pemimpin yang baru hanya tinggal melanjutkan pembangunan. Kami sebagai pemimpin hanya melaksanakan hal agar masyarakatnya bisa senang dan menunjang roda perekonomian. Bagaimana pembangunannya bisa adil, rakyatnya sejahtera, pembangunannya proporsional dan tanpa membeda-bedakan satu sama lainnya,"

Jembatan ini merupakan akses  masyarakat Kecamatan Langgam khususnya Desa Tambak dan Sotol   termasuk Desa Segati. Dengan  adanya jembatan ini maka akses jalannya semakin dekat. 

"Maka dari itu kita butuh doa dari masyarakat agar kita bisa membuat pembangunan yang berkeadilan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," tutur Bupati. -mmd