Stok Masih Aman, Riau Kirim 30 Ton Oksigen Medis ke Sumbar


Sabtu, 17 Juli 2021 - 11:03:55 WIB
Stok Masih Aman, Riau Kirim 30 Ton Oksigen Medis ke Sumbar Gubernur Riau, Syamsuar melepas dua unit mobil angkut 30 ton liquid oksigen ke Sumatera Barat/ist

RIAUIN.COM - Sumatera Barat (Sumbar) memperoleh bantuan sebanyak 30 ton liquid oksigen untuk kebutuhan medis dari pemerintah Provinsi Riau. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Riau Syamsuar ketika melepaskan dua mobil Liquid Oksigen di Job Training Room PT. Indah Kiat Pulp Paper (IKPP), Jum'at (16/7/2021).

Liquid oksigen untuk kebutuhan medis tersebut merupakan bantuan dari dari PT. IKKP Perawang, yang diberikan untuk provinsi Riau sebanyak 120 Ton dan Sumbar sebanyak 30 ton. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bantuan liquid oksigen untuk Sumbar diantar langsung dengan dikawal oleh satuan pengawal dari Polda Riau.

Dia menambahkan, sejumlah perusahaan di Riau telah menyatakan kesiapan mereka untuk membantu suplai oksigen untuk penanganan pasien Covid-19. Mengingat ketersediaan oksigen di Riau sejauh ini juga masih aman. Sementara itu menurutnya, di wilayah Sumbar juga tidak ada perusahaan industri yang memproduksi oksigen. Karenanya, Syamsuar menyatakan siap jika Sumbar meminta bantuan suplai oksigen dari Riau.

“Oksigen yang ada di Riau ini, sebenarnya juga termasuk untuk kebutuhan Indonesia. Dari Riau beberapa waktu sebelumnya juga sudah ada dikirim ke Jawa dan Bali. Dari informasi yang kami dapat kebutuhan oksigen di Jawa dan Bali sampai 200 ton per harinya,” tuturnya.

Oleh sebab itu, kata Syamsuar, pemerintah pusat telah meminta kepada pemerintah daerah agar memberikan bantuan oksigen kepada daerah-daerah yang membutuhkan, guna untuk penanganan Covid-19. 

Sayamsuar mengucapkan terimakasih kepada pimpinan ataupun manajemen PT. IKPP yang telah memberikan bantuan liquid oksigen untuk bangsa dan negara yang saat ini dalam suasana menghadapi pandemi Covid-19.

"Semoga ini jadi amal ibadah kita semua dan sekaligus mudah-mudahan tuhan memberkahi agar Covid-19 ini segera berakhir dari negeri Indonesia yang kita cintai ini," tuturnya.

Pada kesempatan itu juga, mantan Bupati Siak dua periode ini mengajak semua perusahaan industri yang ada di provinsi Riau punya semangat yang sama dalam rangka membantu bangsa dan negara dalam menangani pandemi Covid-19 dengan baik. Ia berharap kepada seluruh perusahaan yang ada di provinsi Riau untuk dapat berbagi dalam rangka penanganan Covid-19.

"Karena itulah kami harapkan kepada seluruh perusahaan yang ada di Riau mari kita saling membantu, saling bergotong-royong agar semangat kita bersama ini kita dapat memutuskan rantai Covid-19 dan kita dalam keadaan sehat wal Afiat," tutupnya. -dn