Banjir Bandang Landa Jerman, Sedikitnya 42 Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Hilang


Jumat, 16 Juli 2021 - 13:19:20 WIB
Banjir Bandang Landa Jerman, Sedikitnya 42 Orang Tewas dan Puluhan Lainnya Hilang Banjr bandang terjang wilayah Jerman/AP Photo

RIAUIN.COM - Sedikitnya 42 orang tewas di Jerman dan puluhan lainnya hilang pada Kamis (15/7/2021) karena banjir bandang menerjang wilayah negara tersebut. Rekor curah hujan di Eropa barat menyebabkan sungai meluap, menyapu rumah, dan membanjiri gudang bawah tanah sebagian besar rumah warga.

Sementara itu puluhan kendaraan roda empat dilaporkan hanyut terbawa arus air. Delapan belas orang tewas dan puluhan orang hilang di sekitar kawasan penghasil anggur Ahrweiler, di negara bagian Rhineland-Palatinate, kata polisi, setelah sungai Ahr yang mengalir ke Rhine naik dan meruntuhkan setengah lusin rumah.

Dilansir The Sun, 15 orang dipaorkan tewas di wilayah Euskirchen di selatan kota Bonn, kata pihak berwenang. Di Belgia, dua pria meninggal karena hujan deras dan seorang gadis berusia 15 tahun hilang setelah hanyut oleh sungai yang meluap.

Di Belanda, banjir sungai merusak banyak rumah di provinsi selatan Limburg, di mana beberapa rumah perawatan dievakuasi.

Ratusan tentara membantu polisi dengan upaya penyelamatan di Jerman, menggunakan tank untuk membersihkan jalan dari tanah longsor dan pohon tumbang, sementara helikopter menarik mereka yang terdampar di atap ke tempat yang aman. -dn