Kapolresta Pekanbaru Jemput Warga Positif Covid-19 yang Isolasi Mandiri di Rumah


Jumat, 16 Juli 2021 - 11:13:42 WIB
Kapolresta Pekanbaru Jemput Warga Positif Covid-19 yang Isolasi Mandiri di Rumah Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K.,M.H menjemput warga positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah, Kamis (15/7/2021). | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM - Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol H. Nandang Mu'min Wijaya, S.I.K.,M.H 

menjemput warga positif Covid-19 yang isolasi mandiri di rumah. Hal itu guna mempercepat proses evakuasi agar pasien yang tengah menjalani aisoman mendapatkan perawatan optimal.

Pada kegiatan itu Kapolresta di dampingi PLH Wakapolresta Pekanbaru AKBP Defrianto, S.I.K.,M.H bersama Kadis Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, APT.,M.M dan Kadis Kesehatan Kota Pekanbaru, Dr. Aldo Eka Putra, kemarin. 

Kegiatan diawali dengan apel bersama dalam rangka melepas keberangkatan mobile ambulance di lapangan Kantor Gubernur Riau. Iring-iringan mobil ambulance dilepas Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution menuju rumah warga yang sedang menjalani isoman untuk dirujuk ke rumah sakit atau tempat isolasi yang sudah disediakan pemerintah. 

Kapolresta Pekanbaru bersama Tim Satgas Covid-19 dengan menggunakan APD lengkap turun langsung ke rumah warga yang terpapar Covid-19. Hal itu guna mempercepat proses evakuasi agar pasien yang tengah menjalani isolasi secara mandiri mendapatkan perawatan yang optimal.

Kombes Pol Nandang mengatakan, warga harus diberi penjelasan dan pemahaman yang ekstra atas langkah evakuasi tersebut. Karena, sebagian masyarakat masih berfikir terpapar Covid-19 adalah hal yang memalukan dan mesti disembunyikan. Padahal mereka yang isolasi harusnya mendapatkan perhatian lebih.

"Kami bersama Satgas, mengevakuasi saudara kita yang menjalani isolasi mandiri untuk dibawa ke tempat isolasi terpusat, agar mendapatkan perawatan yang maksimal dan layak. Dengan tujuan untuk meningkatkan angka kesembuhan dan mencegah penularan dalam klaster keluarga,"  kata Kombes Pol Nandang di Pekanbaru, Kamis (15/7/2021).

Kombes Pol Nandang menuturkan ada sekitar 455 orang terpapar Covid-19 yang menjalani isolasi secara mandiri di Kota Pekanbaru dan akan dievakuasi ke tempat isolasi terpusat. Dengan mengerahkan 60 unit ambulance harapannya proses evakuasi bisa tuntas digelar hari ini, Jumat (16/7/2021), di mana tim Satgas Covid-19 yang sudah dibagi ke seluruh kecamatan di Kota Pekanbaru.

"Sebaran terpapar Covid-19 yang paling banyak berada di wilayah Kecamatan Bina Widya, Tuah Madani, Tenayan Raya, Payung Sekaki, Bukit Raya dan Marpoyan Damai," ujar Kombes Pol Nandang.

Dijelaskannya juga, saat dilakukan evakuasi masyarakat merasa kaget karena didatangi petugas Satgas Covid-19 yang hendak menjemputnya.

"Setelah diberi penjelasan oleh petugas bahwa langkah ini bertujuan untuk menyelamatkan warga, mereka pun memakluminya. Kalau di tempat isolasi mereka akan lebih terurus," pungkas Kombes Pol Nandang.

Proses evakuasi dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, semua petugas mengenakan APD lengkap. -rls, cr01