Antisipasi Corona, Penyembelihan Hewan Kurban di Pekanbaru Dialihkan ke Rumah Potong


Senin, 12 Juli 2021 - 19:55:39 WIB
Antisipasi Corona, Penyembelihan Hewan Kurban di Pekanbaru Dialihkan ke Rumah Potong Penyembelihan hewan kurban saat Idul Adha tahun ini dialihkan ke rumah potong.

RIAUIN.COM - Guna mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) saat lebaran Idul Adha tahun ini,  penyembelihan hewan kurban di masjid paripurna di Kota Pekanbaru akan memanfaatkan rumah potong. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Rahmat Setyawan mengatakan, khusus untuk di Kota Pekanbaru, penyembelihan hewan kurban di masjid-masjid paripurna akan menggunakan jasa rumah potong hewan. 

"Karena biasanya masjid-masjid paripurna akan mendapatkan bantuan hewan kurban dari berbagai lembaga, BUMD, BUMN atau pihak perusahaan. Jadi jumlahnya cukup banyak, sehingga menggunakan jasa rumah potong untuk menghindari kerumunan," kata Rahmat, Senin (12/7/2021).

Sedangkan untuk masjid lainnya, lanjut Rahmat, boleh menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban sendiri. Karena tentunya kapasitas rumah potong juga terbatas.

"Selain masjid paripurna boleh menyembelih sendiri, namun tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Dijelaskan Rahmat, jika selama ini satu ekor sapi bisa sampai tujuh atau delapan orang yang melakukan pembersihan daging dan pengemasan, saat ini harus dikurangi agar tidak terjadi kerumunan.

"Sekarang cukup tiga atau empat orang saja, agar tidak terjadi kerumunan yang bisa menjadi penyebaran Covid-19," katanya.--mcr/nal.