Mencoba Kabur Lewat Ventilasi, Tiga Napi Rutan Kelas I Pekanbaru Berhasil Ditangkap


Ahad, 11 Juli 2021 - 18:06:20 WIB
Mencoba Kabur Lewat Ventilasi, Tiga Napi Rutan Kelas I Pekanbaru Berhasil Ditangkap Ventilasi Rutan Kelas I Pekanbaru yang jebol akibat percobaan melarikan diri oleh tiga terpidana/ist

RIAUIN.COM - Petugas piket Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Pekanbaru berhasil menggagalkan upaya percobaan melarikan diri oleh tiga terpidana, Minggu (11/7/21) dinihari WIB.

Menurut keterangan Kepala Rutan Pekanbaru, M. Lukman bahwa timnya telah berhasil mengamankan ketiga napi yang berusaha kabur tesebut.

"Kejadiannya pukul 03.00 dini hari tadi. Petugas kita yang tetap siaga berhasil mengamankan napi yang berupaya kabur," kata M Lukman, Ahad (11/7/21).

Lebih lanjut  Lukman menyebutkan, atas kesigapan petugas, ketiga napi tersebut berhasil diamankan di lokasi berbeda dalam areal Rutan, meskipun salah satu diantara mereka melakukan perlawanan.

"Pukul 03.40 WIB keseluruhan terpidana yang melakukan percobaan pelarian tersebut berhasil diamankan dan dibawa ke ruang Kepala Kesatuan Pengaman Rutan (KPR) Kelas I Pekanbaru," ungkap Lukman. 

Kejadian bermula saat anggota regu pengamanan (Rupam) I melakukan kontrol keliling (trolling) pada Blok C Strafsell I, kemudian petugas melihat lampu kamar yang padam.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, penghuni kamar Strafsel I sebanyak tiga  orang sudah tidak berada ditempat dan terlihat ventilasi kamar sudah dijebol.

Atas kejadian ini, petugas melakukan penyisiran di lokasi kejadian dan berhasil mengamankan tali sarung dan potongan besi teralis yang diduga digunakan untuk melakukan aksi percobaan melarikan diri tersebut. -dn/mcr