Bungkam Brazil di Final, Argentina Juara Copa America 2021


Ahad, 11 Juli 2021 - 09:04:05 WIB
Bungkam Brazil di Final, Argentina Juara Copa America 2021 Lionel Messi dan kawan-kawan merayakan gol yang dicetak Angel Di Maria pada menit ke 22/foto:Twitter/@Copaamerica

RIAUIN.COM - Timnas Argentina berhasil menjuari Copa America 2021 setelah menundukkan Brazil pada partai final dengan skor 1-0 berkat gol Angel Di Maria.

Final Copa America 2021 yang berlangsung di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Minggu (11/7/2021) pagi WIB itu berlangsung sengit.

Kemenangan Tim Tango Argentina dibuka oleh gol Angel Di Maria pada menit ke 22. Di Maria yang terbebas dari kawalan pemain belakang sukses menggetarkan gawang Brasil yang dikawal Ederson.

Menariknya, gol Di Maria ini merupakan satu-satunya gol yang tercipta dan yang pertama baginya setelah tujuh kali berhadapan dengan Timnas Brazil di semua ajang. Dengan kemangan ini, penantian selama 28 tahun untuk meraih gelar juara di ajang bergengsi zona Conmebol ini tuntas. Terakhir kali Argentina menjuari Copa America pada tahun 1993 lalu.

Dalam final kali ini, Argentina yang dikomandoi Lionel Messi tampil cukup baik sepanjang laga. Dengan formasi 4-3-3, Tim Tango bermain cukup baik sepanjang babak pertama. 

Kolaborasi Messi, Di Maria dan Martinez mampu mengacak-acak pertahanan Tim Samba Brazil yang dikomadoi Thiago Silva.

Hingga babak pertama usai, skor 1-0 untuk keunggulan Tim Tango Argentina masih bertahan.

Pada babak kedua, Brazil berusaha bangkit. Tim Samba yang mengandalkan Neymar di barisan penyerang memperoleh beberapa peluang unutk menjebol gawang Argentina. Namun, ketatnya pertahanan Argentina belum mampu di tembus oleh Neymar.

37 menit laga babak kedua berjalan, Neymar meraih peluang emas untuk mencetak gol. Namun bola sepakannya masih bisa di blok oleh pemain belakang Argentina sehingga bola melebar ke sisi kanan gawang.

Selang lima menit kemudian, tendangan keras Gabi hampir saja menjebol gawang Argentina. Kesigapan kiper Emilio Mertinez mampu mempertahankan gawangnya dari kebobolan.

Pada menit 88, giliran Messi yang meraih peluang mencetak gol. Kapten Argentina ini memperoleh umpan matang dari Di Maria. Messi yang berhadapan langsung dengan kiper Brazil gagal mengkonversi bola menjadi gol untuk menambah keunggulan bagi Tim Tango.

Hingga akhir laga, skor 1-0 sudah cukup untuk Timnas Argentina untuk menjuarai Copa America untuk yang ke-15 kalinya dari 29 kali keikutsertaan mereka menembus partai final.

Data satistik pertandingan memperlihatkan, betapa kerasnya pertandingan final ini. 8 kartu kuning dikeluarkan wasit dimana 4 diantaranya untuk Timnas Argentina.

Dalam penguasaan bola, sepanjang babak kedua ini terlihat Brazil lebih unggul 57 persen berbanding 43 persen dengan akurasi operan mencapai 87 persen. -dn


BRASIL (4-2-3-1): Ederson; Danilo, Marquinhos, Thiago Silva, Renan Lodi; Casemiro, Fred; Richarlison, Lucas Paqueta, Everton; Neymar.

Cadangan: Alisson, Alex Sandro, Everton Ribeiro, Weverton, Emerson, Eder Militao, Fabinho, Vinicius Junior, Roberto Firmino, Gabriel Barbosa, Leo Ortiz, Douglas Luiz.

Pelatih: Tite

ARGENTINA (4-3-3): Emiliano Martinez; Gonzalo Montiel, Cristian Rivero, Nicolas Otamendi, Marcos Acuna; Rodrigo de Paul, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso; Lionel Messi, Lautaro Martinez, Angel Di Maria.

Cadangan Franco Armani, Nicolas Tagliafico, German Pezzella, Sergio Aguero, Agustin Marchesin, Exequiel Palacios, Nicolas Gonzalez, Guido Rodriguez, Angel Correa, Alejandro Gomez, Lisandro Martinez, Nahuel Molina.

Pelatih: Lionel Scaloni