Pastikan Ketersediaan Obat Covid-19 Aman, Gubri Kumpulkan Pengusaha Farmasi


Rabu, 07 Juli 2021 - 18:07:05 WIB
Pastikan Ketersediaan Obat Covid-19 Aman, Gubri Kumpulkan Pengusaha Farmasi Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir menerima GP Farmasi Wilayah Riau membahas mengenai ketersediaan obat-obatan dan oksien untuk pasien Covid-19 di Riau, Rabu (7/7/2021). | Foto : Istimewa.

RIAUIN.COM- Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Rabu (7/7/2021) mengumpulkan pengusaha framasi yang tergabung dalam GP Farmasi Wilayah Riau. Pertemuan tersebut alam rangka memastikan keterseridaan obat-obatan dan oksigen bagi pasien Covid-19 di Provinsi Riau.

Pada kesempatan itu Gubri didampingi Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, dari hasil pertemuan tersebut dipastikan obat-obatan untuk pasien Covid-19 dan lainnya masih tersedia di perusahaan farmasi di Riau. 

Dikatakan Gubri, melihat kondisi tingginya kasus Covid-19 di Jawa, untuk itu dia ingin mengecek sejauh mana ketersedian obat-obatan tersebut di Riau. Sehingga dalam penangganan wabah pandemi saat ini ketersediaan obat-obatan tidak sampai terputus.

"Sekarang ini juga kita perlu antisipasi, kita perlu juga tentunya mengecek ketersediaan obat. Makanya hari ini kami sillaturahmi dengan bapak-bapak ini (GP Farmasi Wilayah Riau, red)," ucapnya.

Dari pertemuan tersebut, Gubri mendapatkan gambaran berkenaan dengan ketersediaan obat, termasuk juga mungkin hal-hal lainnya yang perlu didiskusikan lagi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

"Alhamdulillah tidak ada kelangkaan di Riau, kita ambil langkah cepat agar memastikan ketersediaan obat cukup untuk kebutuhan pasien Covid-19. Karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapat-kan obat-obatan seperti di Pulau Jawa," ungkapnya.

Namun demikian, Gubri berharap, bersama-sama masyarakat saling menjaga dan mematuhi protokol kesehatan. Agar kasus paparan Covid-19 tidak tinggi. Masyarakat harus tetap menjaga kesehatan, karena itu bagian untuk memutus rantai penularan Covid-19, sehingga tidak terjadi peningkatan pasien Covid-19 di Provinsi Riau. 

Sementara itu, Ketua GP Farmasi Wilayah Riau, Dian mengucapkan terima kasih atas kesempatan bertemu langsung dengan Gubri tersebut. Disebutkannya, GP Farmasi Wilayah Riau sampai saat ini masih mendistribusikan obat-obatan khususnya untuk Covid-19, baik ke rumah sakit maupun ke tempat-tempat pendistribusian obat lainnya.

"Alhamdulillah untuk ketersediaan obat kami sebenarnya tidak ada masalah ya, cuma penyuplai dari pusat sedikit terkendala. Tapi kalau ketersediaan obat Alhamdulillah masih tersedia," sebutnya.

Masyarakat Riau tidak perlu khawatir, karena GP Farmasi Riau menjamin ketersediaan obat-obatan Covid-19 di Riau.

"Masyarakat tidak perlu khawatir, kita tetap suplai dan ketersediaan obat tetap kita jamin ketersediaannya," tuturnya.  -adv, vie